Sukses

Wijaya Karya Akuisisi Sarana Karya Rp 50 Miliar

PT Wijaya Karya Tbk mengakuisisi 100% saham PT Sarana Karya senilai Rp 50 miliar.

PT Wijaya Karya Tbk (WIKA), perusahaan konstruksi milik negara mengakuisisi 100% saham PT Sarana Karya senilai Rp 50 miliar. Transaksi ini merupakan transaksi afiliasi mengingat pemerintah juga memiliki saham di kedua perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu.

Langkah akusisi ini dilakukan mengingat Perseroan sedang mengembangkan dan diversifikasi bisnis jasa konstruksi, jasa engineering procurement construction (EPC) mekanikal elektrikal, produk beton, dan produk realti untuk menunjang pertumbuhan bisnisnya.

Saat ini, bisnis inti perseroan yang bergerak di usaha konstruksi sipil juga sedang mengerjakan proyek east west motorway di Aljazair. Perseroan juga memperoleh beberapa kontrak pembangunan infrastruktur yang meliputi pembangunan jalan tol, peningkatan jalan, dan pemeliharaan jalan di dalam negeri.

Oleh karena itu, perseroan melakukan pengambilalihan (akuisisi) PT Sarana Karya yang memiliki bisnis inti dalam bidang pertambangan aspal buton. Demikian mengutip dari keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat (3/1/2014).

 PT Sarana Karya melakukan pengolahan batuan aspal alam di Pulau Buton, dan telah memiliki jaringan distribusi untuk pasar dalam negeri dan luar negeri. Dengan mempertimbangkan hal itu, PT Wijaya Karya mengakuisisi perusahaan aspal ini.

Perseroan juga dapat mengintegrasikan usaha PT Sarana Karya dengan kegiatan usaha perseroan dan entitas anak usaha lainnya sehingga dapat menciptakan sinergi dan efisiensi.

Adapun nilai transaksi akuisisi PT Sarana Karya senilai Rp 50 miliar merupakan 1,83% dari ekuitas perseroan. Nilai ekuitas bersih perseroan mencapai Rp 2,79 triliun pada 30 Juni 2013. (Ahm)

Baca Juga:

Wijaya Karya dan Krakatau Steel Kembangkan Bisnis Beton Pracetak

Wika Beton Bidik IPO Maret 2014

WIKA Garap Jalur Monorel Lebak Bulus-Cipete

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini