Sukses

Nama CPNS Diumumkan Tak Lengkap buat Hindari Calo

Pengumuman hasil tes yang tak mencantumkan seluruh nama peserta yang lolos dalam seleksi CPNS 2013 untuk menghindari percaloan.

Pertanyaan para peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) soal pengumuman hasil tes yang tak mencantumkan seluruh nama peserta yang lolos dalam seleksi CPNS 2013 akhirnya ditanggapi oleh Kepala Badan Kepegawaian Nasional (BKN), Eko Sutrisno.

Menurutnya, hal itu dilakukan semata-mata bertujuan untuk melindungi peserta dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

"Kalau untuk melihat skoring, itu kan dibuka dengan kode peserta dan cuma dia sendiri yang bisa lihat tidak seperti SPMB. Karena kami ingin melindungi peserta tes dari calo," tegas Eko di kantor Kemenpan RB, Jakarta, Selasa (7/1/2014).

Alasannya, sambung dia, jika data-data ini diketahui para calo, mereka akan dengan cepat memanfaatkan kesempatan di tengah perasaan gembira para peserta CPNS yang lolos seleksi.

"Kalau mereka (calo) dapat data-data peserta, lalu bisa saja seenaknya dia minta bayaran (uang) ke peserta dengan alasan calo itu sudah memperjuangkan peserta bisa tembus seleksi CPNS. Jadi prinsipnya untuk melindungi," paparnya.

Deputi Sumber Daya Manusia Kemenpan RB, Setiawan Wangsaatmadja mengakui, pengumuman hasil seleksi CPNS 2013 sangat bisa dipertanggungjawabkan kevalidannya.

"Kami bisa pertanggung jawabkan dan menjelaskan kenapa peserta lulus dan tidak lulus. Karena kami menghendaki pelamar umum berkualitas, yang punya integritas dan kemampuan bukan cuma titipan dan lainnya," ujar dia.

Seperti diberitakan sebelumnya, banyak peserta yang menuding pemerintah tidak transparan dalam pengumuman seleksi CPNS 2013, baik itu dalam mengakses kode peserta, penetapan peserta yang lolos berdasarkan rangking dari institusi dan sebagainya.

Namun Setiawan pernah mengatakan bahwa pihaknya tidak mungkin mengumumkan hasil seleksi CPNS tahun lalu seperti pengumuman SPMB di perguruan tinggi negeri mengingat skala tes bersifat nasional dengan jutaan pelamar dan ribuan peserta yang lolos seleksi. (Fik/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini