Sukses

Kenaikan Tarif Listrik Hanya Dikenakan ke 70 Perusahaan Besar

Wakil Menteri ESDM Susilo Siswoutomo menjamin masyarat kecil tidak akan terkena kenaikan tarif listrik tahun ini.

Wakil Menteri Energi Sumber Daya Minral (ESDM) Susilo Siswoutomo menjamin masyarat kecil tidak akan terkena kenaikan tarif listrik pada tahun ini.

Rencananya pemerintah hanya akan menaikan tarif listrik untuk pelanggan industri golongan I3 dan I4. Menurut Susilo, hal tersebut telah disepakati oleh pemerintah dengan Badan Anggaran (Banggar) DPR.

"Itu sudah disetujui sekarang rencananya kenaikan kaitannnya dengan I3 dan I4 pelanggan besar dan industri yang sudah perusahaan terbuka," kata Susilo usai menghadiri Indonesia Summit, di Hotel Shangrila, Jakarta, Rabu (15/1/2013).

Menurut dia, kenaikan tarif listrik tersebut bertujuan untuk mengurangi beban subsidi kepada perusahaan-perusahaan yang memiliki laba yang besar. Dengan begitu, kenaikan tarif listrik hanya mengurangi sedikit keuntungannya.

"Yang akan terkena kira-kira 70 perusahaan yang untungnya sudah triliunan rupiah. Itu yang mau dinaikkan supaya tidak jadi disubsidi," tuturnya.

Sedangkan untuk masyarakat kecil yaitu pelanggan listrik kecil 450 volt ampere (VA) dan 900 VA, Susilo menjamin golongan pelanggan tersebut tidak mengalami kenaikan tarif.

"Jadi tidak mempengaruhi pelanggan 450 VA dan 900 VA tidak terpengaruh, padahal yang naik yang gede. Masa mal disubsidi pemerintah," pungkasnya. (Pew/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini