Sukses

Damri Bakal Tambah 197 Armada pada 2014

Perum Damri akan menambah bus sebanyak 197 unit pada 2014 dengan anggaran Rp 242 miliar.

Perum Damri menganggarkan Rp 242 miliar untuk belanja modal pada 2014. Dari total dana tersebut nantinya akan terserap paling banyak untuk pengadaan armada bus dan pembelian tanah.

Direktur Utama Perum Damri, Agus S Subrata mengungkapkan setidaknya pada tahun ini akan mengadakan 197 armada bus baru. Nilai pembelian satu bus diperkirakan mencapai Rp 650 juta. Selain itu, pihaknya sedang mencari tanah untuk pool bus Damri untuk keperluan penyimpanan, perbaikan dan pemeliharaan kendaraan.

"Kalau pengadaan tanah itu untuk pool, contoh Pontianak itu sangat sempit menampung armada, kami sedang cari tanah lagi," tegasnya saat ditemui di kantornya, Jakarta, Kamis (23/1/2014).

Agus menambahkan, dana untuk belanja modal tersebut berasal dari tiga sumber yaitu dana internal, dana pinjaman perbankan dan pinjaman non perbankan seperti dari pasar modal.

Anggaran tersebut sedikit menurun dibandingkan tahun lalu yang mencapai Rp 424 miliar. Hal itu dikarenakan pada tahun ini bukan dijadikan Agus sebagai tahun investasi yang seperti dilakukannya selama tiga tahun belakangan.

Untuk 2014, strategi perusahaan akan lebih menekankan kepada penciptaan efektifitas armada yang berada di beberapa wilayah dan penambahan armada untuk meningkatkan kapasitas penumpang.

"Contoh saya mau naikkan tarif rute Purworejo-Jakarta, sekarang load faktor dari 70% sekarang menjadi 80%, tahun ini kami kirimkan baru, tapi kami tidak naikkan harga, artinya peningkatan pelayanan," kata Agus.

Dengan strategi itu, Agus menargetkan akan mampu meningkatkan pendapatan perusahaan mencapai 18% dari tahun 2013 sebesar Rp 98 miliar. (Yas/Ahm)

Baca juga:

Daftar Tarif Bus Damri dari Bandara Halim Perdanakusuma

Kurang Layak, Damri Kota Bandung Kurang Diminati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.