Sukses

Cuaca Buruk Bikin Harga Ikan Melambung

Intensitas curah hujan yang tinggi ikut mendorong harga ikan di pasar tradisional jadi lebih mahal.

Selain harga sayuran yang mengalami kenaikan pada Jumat (24/1/2014) di akhir pekan ini. Intensitas curah hujan yang tinggi ikut mendorong harga ikan di pasar tradisional jadi lebih mahal.

Seperti diakui Adan (43) salah satu penjual ikan di PD Pasar Jaya Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Akibat cuaca buruk, harga ikan mengalami kenaikan baik ikan laut maupun ikan air tawar.

"Harganya sudah mulai naik dari minggu lalu. Yang paling naik banyak sih ikan laut, tapi yang air tawar juga ikut naik," ujarnya saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta.

Hal yang sama juga dikatakan Rahmat (38) penjual ikan dipasar yang sama. Dia mengaku kenaikan harga ikan lantaran pasokan dari dari Pasar Ikan Muara Angke dan Muara Baru mengalami penurunan.

"Kiriman ikan yang dari sana kurang jadi otomatis harganya naik. Tapi naiknya memang nggak banyak, paling Rp 2.000-Rp 5.000 per kg. Kita juga nggak berani menaikkan banyak-banyak, nanti yang beli pada kabur," kata dia.

Rahmat memperkirakan kurangnya pasokan ini lantaran nelayan saat ini sedang mengurangi aktifitas pencarian ikan akibat gelombang lau yang tidak stabil karena cuaca buruk.

Hal ini ditambah lagi dengan distribusi yang terhambat karena banjir yang menggenangi beberapa titik diwilayah Jakarta Utara.

"Kalau yang (ikan) laut mungkin karena gelombangnya tinggi jadi nelayan pada nggak melaut, sudah gitu jalannya juga kan banyak yang banjir, jadi yang distribusi juga terganggu," jelas dia.

Berikut daftar harga ikan laut dan ikan air tawar berdasarkan pantauan Liputan6.com:

Ikan tongkol Rp 25 ribu per kg
Ikan bawal laut Rp Rp 45 ribu per kg
Ikan baronang Rp 46 ribu per kg
Ikan kerapu Rp 30 ribu per kg
Ikan tuna Rp 28 ribu per kg
Ikan kakap Rp 48 ribu per kg
Ikan bawal air tawar Rp 15 ribu per kg
Ikan tengiri Rp 45 ribu per kg
Ikan patin Rp 15 ribu per kg
Ikan mujair Rp Rp 18 ribu per kg
Ikan mas Rp 25 ribu per kg
Ikan gurame Rp 35 ribu per kg
Ikan lele Rp 18 ribu per kg
Kerang hijau Rp 12 ribu per kg
Udang Rp 60 ribu per kg
Cumi Rp 45 ribu per kg. (Dny/Nrm)

Baca juga:

Cuaca Buruk Bikin Harga Ikan Meroket di Palu

Pantauan Harga Bahan Pokok versi Kemendag di Berbagai Kota

Pasokan Turun, Siap-siap Harga Ikan Naik

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.