Sukses

7 Juta Penumpang Kereta Api Beli Tiket Lewat Minimarket

Masyarakat makin berminat membayar tiket kereta api lewat minimarket pada 2013.

PT Indomarco Prismatama sebagai perusahaan pemegang merek mini market Indomaret menyatakan telah melayani setidaknya lebih dari 7 juta penumpang Kereta Api (KA) jarak jauh pada 2013.

Marketing Director PT Indomarco Prismatama, Wiwiek Yusuf mengungkapkan, jumlah tersebut meningkat cukup signifikan jika dibandingkan tahun lalu yang masih di bawah 10% dari total jumlah pengguna KA jarak jauh.

"Tahun 2013 kemarin kami berkontribusi ke Kereta Api itu sekitar 15% dari total penumpang KA," ungkapnya di Jakarta, Jumat (24/1/2014).

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) hingga November 2013 jumlah penumpang KA jarak jauh sudah mencapai 48,4 juta orang.

Wiwiek mengungkapkan, Indomaret sangat diuntungkan dengan diberikannya kepercayaan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero) sebagai agen-agen penjualan.

"Sebetulnya Kereta Api itu luar biasa, kami adalah partner pertama yang diajak menyelesaikan kasus orang antre di loket, pencaloan, kemudian mereka tiketnya tidak sesuai, oleh manajemen KA dialihkan ke Indomaret," paparnya.

Indomaret sendiri, kata Wiwiek, saat ini telah memiliki setidaknya 8.900 gerai yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia yang dapat melayani pembelian tiket Kereta Api.

Jumlah kontribusi Indomaret ditargetkan Wiwiek akan terus meningkat mengingat dalam setiap tahunnya perseroan selalu melakukan penambahan gerai mencapai 1.600 setiap tahunnya.

"Semua akan bisa, tapi kami mau kembangin ke arah Kalimatan, Pontianak, Banjarmasin dan Manado, pokoknya ke Timur lah," pungkasnya. (Yas/Ahm)

Baca juga:

Harga Tiket Kereta Api Ekonomi Naik per 1 Januari 2014

Jurus Direktur KAI `Basmi` Calo Tiket


Penumpang Kereta Meningkat, KAI: e-Ticketing Berhasil


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini