Sukses

Pertamina: Merpati 2 Kali Langgar Batas Maksimal Utang

Pertamina melaporkan utang Merpati kepada perusahaan saat ini sudah mencapai Rp 165 miliar.

PT Pertamina (Persero) mengungkapkan utang PT Merpati Nusantara Airlines (MNA) hingga awal 2014 telah mencapai Rp 165 miliar. Utang tersebut berasal dari pembelian bahan bakar pesawat, avtur.

VP Corporate Comunication PT Pertamina (Persero) Ali Mundakir mengakui perusahaan terpaksa menerapkan sistem pasokan avtur kepada Merpati yang berbeda dari maskapai lainnya.

"Utang Merpati sekarang kurang lebih Rp 165 miliar, sehingga mulai tanggal 15 Januari hanya diberlakukan pembelian secara tunai, kalau tidak maka tidak kami layani," ungkap Ali, Senin (27/1/2014).

Dari catatat Pertamina, Merpati sudah melanggar dua kali batas perjanjian maksimal utang avtur dari sebelumnya maksimal Rp 120 miliar. Seiring berjalan waktu, utang Merpati kini sudah melebihi batas toleransi sebesar Rp 150 miliar.

"Utang tersebut sudah jauh melampaui komitmen Merpati sendiri, semula sampai dengan di bawah Rp 100 miliar, ternyata tidak bisa, selanjutnya Rp 150 miliar, ternyata juga sudah lewat," paparnya.

Seperti diketahui Merpati menghentikan operasional antara lain di Bandara Soekarno Hatta Cengkareng dan di Bandara El Tari Kupang yang dikabarkan karena penghentian pasokan avtur.

Khusus di El Tari, Direktur Utama PT Angkasa Pura (AP) I Tommy Soetomo menduga terhentinya operasional Merpati karena proses restrukturisasi yang terjadi di tubuh maskapai nasional tersebut.

"Mereka tidak operasi karena dalam program restrukturisasi dan masa transisi, tapi namanya masa transisi harus ada keputusan cepat dan review harian dan mungkin ini tidak cocok," jelas dia saat berbincang dengan Liputan6.com, Senin (27/1/2014).

Sementara di sisi lain, PT Angkasa Pura II (Persero) memastikan maskapai penerbangan nasional Merpati telah berhenti beroperasi di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten. "Merpati tak beroperasi sejak 25-29 Januari 2014," kata Direktur Utama Angkasa Pura II Tri Sunoko.

Namun Tri enggan untuk mengungkapkan alasan dihentikannya operasional Merpati di Bandara Soekarno Hatta. (Yas/Shd)

Baca juga

Merpati Stop Operasi Bukan Karena Pertamina, Lalu Apa?

Berhenti Operasi 5 Hari di Soetta, Merpati Belum Lapor Kemenhub

Merpati Tidak Beroperasi di Soekarno-Hatta 25-29 Januari 2014

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.