Sukses

Richard Branson, si Kaya yang Tongkrongannya Kapal Selam

Miliarder Inggris, Richard Branson terkenal dengan ambisinya berpetualang ke angkasa. Dia juga ingin menjelajahi titik-titik terdalam dunia.

Miliarder asal Inggris, Richard Branson terkenal dengan ambisinya untuk berpetualang ke angkasa. Dia mendanai pembangunan pesawat khusus agar manusia  bisa berekreasi dan menikmati pemandangan di luar angkasa.

Belum lagi rampung pembangunan alat transportasi udara itu, Branson sudah meluncurkan misi lain. Bukan lagi meroket ke luar angkasa, tetapi melesat ke bawah permukaan bumi. Dia ingin mengeksplorasi dunia bawah laut.

Pada 2011, Branson mengumumkan rencananya untuk menjelajahi titik-titik terdalam di berbagai benua. Bagi Branson, proyek itu ditujukan agar dirinya bisa belajar lebih banyak tentang jantung planet biru tempatnya bernaung.

Proyek penelusuran dunia bawah laut yang disebutnya dengan `The Five Dives Expedition`. Untuk mewujudkan impiannya itu, dia akan menggunakan kapal selam berteknologi tinggi yang didanainya.

Berhasilkah Branson mewujudkan impiannya dan memecahkan rekor dunia karena berhasil mencapai titik terdalam di bawah laut?

Berikut kisah Branson dan mainan ambisiusnya seperti dikutip dari Daily Mail, Business Insider, The Guardian, dan sejumlah sumber berikutnya, Selasa (28/1/2014):


* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman



Punya ambisi ciptakan tamasya ruang angkasa

Pendiri Virgin Group yang membawahi 400 perusahaan ini terkenal dengan kemampuannya menaklukan langit. Bahkan Branson tengah berencana meresmikan fasilitas program rekreasi ruang angkasa yang sudah bertahun-tahun ditekuninya.

Lewat salah satu perusahaannya, Virgin Galactic, Branson membangun pesawat ruang angkasa di mana setiap masyarakat berduit mampu menikmati perjalanan di dalamnya.

SpaceShipTwo, VSS Enterprise, Virgin Galactic akan segera diluncurkan sesegera mungkin setelah uji kelayakan ketiganya rampung. Saat ini, Branson bersama tiga timnya masih berupaya mencapai garis Karman, pembatas antara atmosfir bumi dan bagian luar angkasa.

Kabarnya, akhir tahun ini, saat pesawat tersebut sudah siap menyuguhkan pemandangan indah bagi para penumpangnya, Branson sudah memiliki tamu istimewa tersendiri. Kedua anaknya, Holly dan Sam, serta sejumlah bintang seperti Katy Perry dan Justin Bieber akan menjadi turis ruang angkasa pertamanya.

Dengan mantap, Branson menegaskan 2014 akan menjadi tahun di mana pesawat miliknya menembus langit. Meski diakuinya itu bukan pesawat supersonic, tetapi produk buatan perusahaannya mampu menerbangkan lebih dari 500 orang dalam setahun dan 30 ribu orang dalam 10 tahun ke depan.


3 dari 5 halaman



Mainan Lain Branson: Virgin Oceanic

Selain perjalanan ke luar angkasa yang fenomenal, Branson juga menggebrak masyarakat dengan rencananya untuk mengarungi kedalaman samudera. Pada 2011, berdiri dengan gagah di atas kapal selamnya, Branson menyatakan akan melancarkan misi `The Five Dives Expedition` untuk menjelajahi lautan.

Jika benar terwujud, eksplorasi laut tersebut diduga dapat memecahkan rekor dunia, termasuk penyelaman lima titik terdalam sepanjang sejarah. Tak sendirian, Branson menggandeng pelayar ternama Chris Welsh untuk penjelajahan yang telah diimpikannya selama dua tahun.

Dalam petualangannya di bawah laut, Branson dan kawannya akan menghabiskan waktu hingga 12 jam di bawah kegelapan dan kedinginan air laut. Tak bercanda dengan impiannya, pria asal Inggris ini membangun kapal selam berteknologi super canggih.


4 dari 5 halaman



Seperti apa mainan si miliarder Richard Branson?

Virgin Oceanic dibangun untuk menahan tekanan ekstrim yang bisa ditemukan pada kedalaman 36 ribu meter bawah laut. Angka itu 1.500 kali melebihi daya tahan tekanan pesawat terbang biasa.

Kapal selam sepanjang delapan kaki itu terbuat dengan bahan dasar serat karbon dan titanium, memiliki sayap pendek dan kokpit. Nyaris seperti pesawat terbang. Kapal selam yang didesain layaknya pesawat ini mampu meluncur hingga kedalaman 6,2 mil di bawah laut dan terendam selama 24 jam tanpa bantuan apapun.

Selain menjelajahi ruang angkasa, Branson mengatakan, tantangan terbesar lainnya bagi umat manusia adalah menaklukan kedalaman samudera. Banyak sekali kekayaan dan misteri laut yang belum berhasil ditelusuri.

Dia bersama rekannya akan terjun pertama kali ke Mariana Trench Pacific di kedalaman 11.033 meter. Selain itu, keduanya akan menjamah lautan Puerto Rico yang belum pernah disambangi manusia sebelumnya.


5 dari 5 halaman





Sudah setahun sejak diumumkan, misi Branson belum selesai juga

Sudah lebih dari setahun setelah Branson dengan gagah mengumumkan misinya untuk meluncur ke bawah laut. Tetapi tak pernah sekalipun sejak saat itu Branson menyelam dengan mainannya tersebut.

Penundaan misi yang lama itu, menurut Welsh karena kapal selam yang terlalu ringkih untuk menghadapi tekanan sebesar 13 juta pound saat meluncur ke bawah laut. Belum lagi para teknisinya memilih untuk meninggalkan proyek tersebut.

Padahal di awal rencana, saat menyelam ke dasar samudera, keduanya akan didampingi para peneliti yang penasaran dengan kehidupan bawah laut. Sayangnya, hingga saat ini, misi tersebut belum juga terwujud. (Sis/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini