Sukses

Turis China Paling Doyan Jelajahi Dunia

Turis China akan melakukan sekitar 1,7 miliar perjalanan domestik dan luar negeri setiap tahun.

Industri pariwisata tampaknya kian menggiurkan bagi para wisatawan asal China. Terbukti, turis China tercatat akan mendominasi perjalanan pariwisata lintas negara sebelum 2030 mendatang.

Seperti dikutip dari laporan resmi situs perjalanan terbesar di dunia TripAdvisor bersama perusahaan konsultan manajemen global The Boston Consulting Group (BCG), Rabu (29/1/2014), China diprediksi mampu memegang porsi besar dari pertumbuhan turis di kawasan Asia.

Sebelum menginjak 2030, lebih dari 50% pertumbuhan wisatawan antar negara akan berasal dari kawasan Asia Pasifik. Dari pertumbuhan tersebut, turis China tercatat akan mendominasi dengan jumlah pertumbuhan sebesar 40% pada bisnis wisata outbond Asia.

Saat itu, laporan bertajuk `Next Billion Asian Travellers–Starting with China` menjelaskan, wisatawan Negeri Tirai Bambu itu akan melakukan sekitar 1,7 miliar perjalanan domestik dan luar negeri setiap tahun. Dalam melakukan perjalanan dan kegiatan wisata itu, para turis China diperkirakan dapat menghabiskan dana hingga sebesar US$ 1,8 triliun. Angka tersebut hampir 7 kali lipat lebih besar dibandingkan total belanjanya saat ini.

Laporan ini sekaligus menunjukkan China sebagai negara dengan pertumbuhan tercepat dengan peningkatan biaya wisata sekitar 15% setiap tahun hingga 2030.

Sementara itu data dari Kementerian Pariwisata Indonesia menunjukkan China sebagai negara dengan pertumbuhan turis tercepat pada 2013. Dari 8,7 juta wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia tahun lalu, 800 ribu diantaranya datang dari China.

Tahun ini, pemerintah mengestimasi sekitar 9,2 juta wisatawan asing akan menyambangi Indonesia, termasuk 970 ribu turis asal China. Peningkatan jumlah turisnya akan mencapai 21,25%. (Sis/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini