Sukses

Soal Belanja, Indonesia Kalahkan Negara-negara Eropa

Indonesia berada di puncak urutan konsumen dengan tingkat konsumsi tertinggi, sementara negara-negara Eropa memperoleh peringkat terendah.

Hasil Survei perusahaan penyedia informasi global, Nielsen Holdings N.V menunjukkan, Indonesia mampu menyingkirkan negara-negara Eropa dalam urusan belanja. Indonesia tercatat berada di puncak urutan konsumen dengan tingkat konsumsi tertinggi, sementara negara-negara  Eropa justru memperoleh peringkat terendah.

Seperti dikutip dari laporan The Nielsen Global Survey of Consumer Confidence and Spending, Kamis (30/1/2014), masyarakat Indonesia tercatat memiliki  tingkat konsumsi tertinggi di dunia dengan indeks kepercayaan konsumen sebesar 124 poin. Jumlah tersebut jauh melampaui rata-rata indeks kepercayaan konsumen di negara-negara Eropa yang hanya berjumlah 73 poin.

Bahkan empat negara dari kawasan Eropa mencatatkan indeks kepercayaan konsumen terendah sebesar 44 poin. Keempat negara dengan konsumen paling jarang belanja tersebut adalah Portugal, Italia, Kroasia, dan Slovenia.

Maklum, usai krisis finansial, negara-negara di kawasan tersebut masih bergelut memulihkan perekonomiannya. Masyarakat di seluruh penjuru Eropa diminta untuk melakukan penghematan besar-besaran guna menjaga stabilitas perekonomiannya.

"Eropa sudah stabil saat ini, tetapi masih menghadapi perjalanan panjang dan bertaham untuk memulihkan ekonominya," ungkap pimpinan ekonom Cambridge Group Venkatesh Bala. Cambridge Group merupakan bagian dari perusahaan global, Nielsen.

Di Eropa, indeks konsumen di 18 negara tercatat merosot pada kuartal IV 2013. Kenaikan harga-harga makanan di kawasan tersebut serta tingkat inflasi yang melambung membuat para konsumen semakin enggan berbelanja. (Sis/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini