Sukses

Mengapa Beras Premium Vietnam Bisa Dijual Murah?

Beras Vietnam yang dijual di pasaran dipatok lebih murah dibandingkan beras medium.

Kementerian Pertanian (Kementan) menduga beras medium asal Vietnam yang beredar di pasar Induk Cipinang, Jakarta merupakan hasil campuran dengan beras lokal. Beras oplosan ini membuat harga beras premium asal Vietnam ini bisa dijual jauh di bawah kualitas beras lokal.

"Makanya harga beras medium itu murah. Beras itu dioplos karena kualitasnya lebih jelek dari beras Indonesia," ungkap Wakil Menteri Pertanian, Rusman Heriawan di Jakarta, Kamis (6/2/2014).

Rusman menduga, para pedagang sengapa mengoplos beras impor Vietnam agar eksklusifitas dari kualitas tak terlihat lagi.
"Kalau konsumen yang sudah kaya, dia tentu akan pilih beras Indonesia. Tapi memang pedagang mungkin yang oplos itu beras makanya harganya murah," ucapnya.

Di sisi lain, Rusman menambahkan, peredaran beras impor Vietnam jenis medium akibat kesempatan memanfaatkan kesamaan kode HS antara beras impor premium dan medium.

"Saya tidak mengatakan importirnya nakal, tapi ini bisa terjadi karena (importir) sengaja atau tidak paham (aturan). Kalau memang sengaja mencari keuntungan, makanya izin harus dicabut dan di blacklist," tegas dia.(Fik/Shd)

Baca juga

Kasus Impor Beras Vietnam, 2 Kementerian Tak Harmonis

Gita Wirjawan Buka-bukaan soal Impor Beras Vietnam

Beras Vietnam Merembes ke Pasar, Siapa yang Salah?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini