Sukses

Garap Rute Perintis, RI Beri Jatah Subsidi Rp 300 Miliar

Kemenhub mencatat terdapat 21 lokasi dengan 130 rute yang dianggap sebagai rute perintis.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) pada 2014 telah mempersiapkan dana hingga Rp 300 miliar untuk subsidi bagi maskapai penerbangan yang menggarap rute-rute perintis.

Direktorat Jendral Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Herry Bakti mengungkapkan saat ini setidaknya terdapat 21 wilayah yang ditetapkan sebagai wilayah perintis.

"Uang perintis kami siapkan Rp 300 miliar yang tersebar di Sumatera, Kalimantan, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi, dan Papua," kata Herry di Hotel Millenium, Jakarta, Kamis (13/2/2014).

Catatan Kemenhub setidaknya terdapat 21 lokasi yang ditetapkan sebagai kawasan perintis. Dari jumlah tersebut, setidaknya terdapat 130-an rute penerbangan perintis.

Rute-rute perintis tersebut akan terus ditawarkan ke sejumlah maskapai penerbangan melalui sistem tender. Sementara rute penerbangan yang berhak mendapatkan subsidi adalah jalur pendek yang diterbangi pesawat sekelas Twin Otter.

Menanggapi posisi Merpati Nusantara yang sudah selama lima tahun terakhir tak pernah lolos menerbangi rute perintis, Herry mengaku perusahaan penerbangan pemerintah tersebut memang sudah tidak layak.

"Merpati perintisnya hanya memiliki tiga pesawat yaitu dua Twin Otter dan satu Cassa," jelasnya. 

Pemerintah selama ini memang mempertimbangkan jumlah armada sebagai syarat untuk lolos sebagai maskapai rute perintis. (Yas/Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.