Sukses

Rayakan Valentine, Penjualan Bunga Mawar Melonjak Dua Kali Lipat

Tak cuma bunga mawar asli, pedagang juga mencari peruntungan dengan menjual bunga mawar plastik.

Jelang Valentine Day, pernak pernik perayaan Hari Kasih Sayang yang jatuh pada 14 Februari tersebut sering menjadi buruan masyarakat. Tak ayal lagi, perayaan tersebut membawa berkah tersendiri bagi para penjaja bunga mawar di ibukota.

Imron (43), pemilik toko bunga Rose Intan di kawasan Cikini, Jakarta Pusat mengaku penjualan bunga mawar jelang Hari Valentine meningkat hingga dua kali lipat. Jika hari biasa, dirinya hanya sanggup menjual 200 tangkai, kini pembeli bunga mawar bisa mencapai 400 sampai 500 tangkai

"Mulai ramainya sudah dari kemarin, paling sampai besok, kalau lusa sudah normal lagi," ujarnya saat berbincang dengan Liputan6.com, di Jakarta, Kamis (13/2/2014).

Memanfaatkan tingginya permintaan, para pedagang pun tak ragu menjual bunga kasih sayang tersebut lebih mahal dari hari normal. Jika biasanya, Imron menjual bunga mawar seharga Rp 10 ribu per tangkai, mendekati hari kasih sayang ini, harga jualnya dia naikan menjadi Rp 15 ribu hingga Rp 25 ribu per tangkai.

"Itu tergantung, kalau beli banyak saya kasih Rp 15 ribu, tapi kalau beli hanya satu atau dua ya Rp 20 ribu atau Rp 25 ribu," lanjutnya.

Pria yang telah berjualan bunga selama hampir 30 tahun ini mengungkapkan, kebanyakan pembeli bunga mawar saat perayaan Valentine berasal dari kawula muda.

"Kebanyakan sih yang pembelinya anak sekolah, mahasiswa, atau pekerja, yang masih muda-muda. Belinya juga lumayan banyak bisa 20 sampai 30, biasanya untuk diberikan ke teman sekolah, teman kantor atau malah ada yang untuk dijual lagi," lanjutnya.

Selain menjual bunga segar, khusus untuk moment valentine, Imron juga menjual bunga mawar plastik yang ditawarkan dengan harga Rp 25 ribu per tangkai.

"Bunga plastik untuk stok saja, kadang juga ada yang cari, tapi memang sedikit, paling cuma laku 1-2 tangkai saja per hari," tandasnya.(Dny/Shd)

*Bagi Anda yang ingin mengetahui hasil ujian CPNS Honorer K2 2013 silakan klik di cpns.liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini