Sukses

Penerbangan Dibatalkan, Garuda Jamin Tiket Tidak Hangus

PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) telah membatalkan 19 penerbangan dari dan menuju ke empat bandara hingga Jumat (14/2/2014) pukul 08.30 WIB.

Sejumlah bandara telah ditutup sementara akibat terkena dampak erupsi Gunung Kelud, Jawa Timur.  Akibat penutupan tersebut, PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) telah membatalkan 19 penerbangan dari dan menuju ke empat bandara hingga Jumat (14/2/2014) pukul 08.30 WIB.

Keempat bandara tersebut yaitu Bandara Juanda (Surabaya), Adi Sucipto (Yogyakarta), dan Adi Soemarmo (Solo) dan  Bandara Abdurrahman Saleh (Malang).

"Yang ditutup memang ada tiga bandara, tapi Bandara Malang itu secara faktual juga sudah tidak memungkinkan untuk penebangan. Hingga pukul 08.30 WIB, ada 19 penerbangan dari dan menuju empat bandara itu dibatalkan," kata  juru bicara Garuda Indonesia Pujobroto saat berbincang dengan Liputan6.com, Jumat (14/2/2014).

Setelah penerbangan dibatalkan bagaimana nasib tiket yang gagal dipakai?

Pujo memastikan tiket penumpang yang batal terbang tidak hangus. Penumpang bisa menjadwal uang penerbangan ataupun me-refund tiket tersebut.

"Tiket tidak hangus. Karena ini force majeure maka untuk pembatalan penerbangan, refund dan resechedule itu tidak dikenakan biaya," ungkap dia.

Pujo menuturkan, pihaknya akan terus memonitor perkembangan di lapangan dan menanti dari keputusan otoritas bandara terkait pembukaan kembali ketiga bandara tersebut. Namun jika bandara ditutup seharian, maka sebanyak 84 penerbangan dibatalkan pada hari ini.

"Total penerbangan dari dan menuju keempat Bandara itu sekitar 84 penerbangan," ungkapnya. (Ndw)

*Bagi Anda yang ingin mengetahui hasil ujian CPNS Honorer K2 2013 silakan klik di cpns.liputan6.com

Baca juga:

Bandara Surabaya, Solo, Yogyakarta Ditutup Akibat Letusan Kelud

Abu Gunung Kelud Sampai Yogyakarta, Warga Rasakan Hawa Panas

Gunung Kelud Meletus, Surabaya Hujan Abu

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini