Sukses

9 Trik Simpel Biar Karir Lebih Bersinar di Kantor

Ingin karir Anda cemerlang di kantor? Mari simak sembilan trik sederhana untuk mendukung karir Anda.

Setiap orang pasti ingin punya karir yang bersinar di kantornya. Meski dianggap sulit, ternyata terdapat sejumlah tindakan mudah yang bisa membuat pegawai mencapai prestasi gemilang di tempat kerja.

Berinisiatif tinggi, rajin membantu orang lain, dan aktif terlibat dalam berbagai urusan kantor menjadi beberapa hal yang perlu Anda lakukan. Sebagai pegawai biasa yang berharap karirnya bisa menanjak, Anda dituntut untuk senantiasa bersikap positif dan aktif saat sedang bekerja.

Berikut sembilan trik sederhana biar karir lebih cerah di kantor seperti dikutip dari Business Insider, Jumat (14/2/2014):

1. Bekerja produktif, bukan sok sibuk

Memahami perbedaan dua hal tersebut sangat penting dalam menentukan kesuksesan karyawan di tempat kerja. Konsultan profesional, Tim Ferriss mengatakan, bekerja berjam-jam tidak bisa menjadi indikator produktivitas di kantor. Hasil kerja Anda yang menentukan.

2. Berani menghadapi masalah

Mengakui kesalahan pada atasan Anda kadang menjadi hal tersulit yang harus di kantor. Sebagian besar pegawai seringkali mencari pembenaran untuk menunjukkan dirinya tidak bersalah. Ferriss mengatakan, berani berhadapan dengan masalah memuluskan jalan sukses Anda dalam berkarir.

3. Belajar menolak

Saat Anda mengambil terlalu banyak tugas di kantor, sebenarnya Anda tidak membantu siapapun. Faktanya, belajar mengatakan tidak secara terbuka untuk pekerjaan yang bukan merupakan tugas Anda dapat meningkatkan produktivitas pribadi.

4. Menjaga komunikasi

CEO United Talent Agency Jeremy Zimmer mengatakan, satu hal yang membuat seorang pegawai diterima dengan mudah adalah caranya berkomunikasi. Anda dituntut untuk mampu berkomunikasi secara serius dan elegan juga dalam kondisi santai.

5. Konsisten

Banyak orang mencapai sukses bukan karena kemampuannya adalah yang terbaik atau dia merupakan yang terpintar, tapi konsistensi. Maka bekerja secara konsisten dan fokus dapat mengantarkan Anda pada kesuksesan.

6. Siap dikritik

Lancar dalam bekerja, artinya Anda harus menghadapi berbagai pendapat dan kritik dari rekan maupun atasan. Anda harus siap menerima pertanyaan dan meyakinkan para atasan atau rekan kerja yang mungkin meragukan gagasan Anda.

7. Bersikap empatik

Hubungan dengan rekan kerja merupakan salah satu kunci sukses bekerja. Cara terbaik untuk menjaga hubungan tersebut adalah dengan bersikap lebih loyal dan empatik padanya.

8. Melempar pujian bagi rekan kerja

Pegawai yang sukses tidak pernah haus pujian. Tetapi dia akan menjadi orang yang paling rajin memberikan pujian dan senang melihat keberhasilan orang lain.

9. Punya kehidupan lain di luar dunia kerja

Tingkat stres yang tinggi tidak baik untuk Anda dan kinerja pribadi. Terlalu lelah dapat memperlambat dan mengurangi kualitas kerja Anda. Tak heran bergaul dengan orang lain sangat penting untuk membangkitkan suasana dan mood Anda saat kembali bekerja. (Sis/Ahm)


*Bagi Anda yang ingin mengetahui hasil ujian CPNS Honorer K2 2013 silakan klik di cpns.liputan6.com


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.