Sukses

Cuma Satu Maskapai Berani Beroperasi di Bandara Malang

Dari tiga maskapai yang melayani penerbangan dari dan ke Malang, hanya Sriwijaya Air yang masih beroperasi.

Musibah letusan Gunung Kelud yang mengeluarkan abu vulkanik ke berbagau kota membuat maskapai penerbangan masih khawatir untuk mengoperasikan armadanya. Terbukti hanya 1 dari 4 maskapai yang memutuskan beroperasi di Bandara Abdurrahman Saleh, Malang, Jawa Timur.

Satu maskapai tersebut adalah Sriwijaya Air yang melayani dua kali penerbangan rute Malang-Jakarta. "Sementara untuk lainnya memilih off," kata Kepala UPT Bandara Abdurrahman Saleh, Suharno di Malang, Jawa Timur, Sabtu (15/2/2014).

Suharno mengungkapkan tiga maskapai yang memilih tak beroperasi yakni Garuda Indonesia rute Malang-Jakarta, Kalstar rute Malang-Balikpapan serta CitiLink rute Malang-Denpasar. Pihak pengelola Bandara mengaku hanya laporan bahwa maskapai tersebut memilih tak beroperasi karena alasan operasional.

"Untuk lebih detilnya bisa langsung ke pihak maskapai bersangkutan kenapa tak beroperasi," tutur Suharno.

Pengelola Bandara sendiri mengatakan, debu vulkanik Gunung Kelud sejauh ini tak mengarah ke Bandara Abdurrahman Selah. Kondisi landasan juga dipastikan bersih tanpa ada serpihan debu vulkanik. "Bersih-bersih saja, tak ada debu ke Bandara," ujar Suharno.

Disinggung kemungkinan pihak Bandara akan tetap beroperasi normal pada esok hari, Suharno tak berani memastikannya. Pihak pengelola Bandara selama ini tetap berpedoman pada situasi dan perkembangan Gunung Kelud.

"Kami situasional saja, tergantung cuaca besok. Kalau normal ya tetap beroperasi seperti biasa," pungkas Suharno.(Shd)

*Bagi Anda yang ingin mengetahui hasil ujian CPNS Honorer K2 2013 silakan klik di cpns.liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gunung Kelud merupakan salah satu gunung berapi aktif di Indonesia, yang sudah meletus sejak tahun 1901 hingga tahun 2014.

    Gunung Kelud

  • Sriwijaya Air merupakan maskapai penerbangan Indonesia yang didirikan oleh keluarga Lie dengan Johannes Bundjamin dan Andy Halim.

    Sriwijaya Air

Video Terkini