Sukses

19 Bendungan Jaga Pemukiman dari Lahar Dingin Gunung Kelud

Kementerian PU memastikan 19 bendungan yang melintang dari Kediri hingga Blitar tak mengalami kerusakan.

Pemerintah mengaku telah menyiapkan 19 sabo dam (bendungan) untuk menahan aliran lahar dingin Gunung Kelud ke pemukiman warga. Bendungan tersebut berdiri dari sekitar Gunung Kelud menuju arah Kediri dan Blitar.

Usai Rapat Koordinasi (Rakor) Waduk Jatigede di kantor Kementerian Bidang Perekonomian, Senin (17/2/2014), Direktur Jenderal (Dirjen) Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum (PU), Mohammad Hasan mengklaim sejumlah infrastruktur di sekitar Gunung Kelud paska meletus cukup baik.

"Kami belum memperoleh laporan bahwa ada kerusakan infrastruktur setelah letusan Gunung Kelud. Semuanya, terutama yang berkaitan dengan sumber daya air baik dan aman," jelas dia.

Hasan mengakui, pihaknya telah membangun 19 sabo dam untuk mengantisipasi banjir lahar dingin Gunung Kelud supaya pemukiman warga aman.

"Ada 19 sabo dam menuju arah Kediri dan Blitar. Itu semacam bronjongan (turunan dan bendungan) agar kita tidak menabrak ke pemukiman," paparnya tanpa menyebut berapa banyak aliran lahar dingin yang akan melewati sabo dam tersebut.(Fik/Shd)

*Bagi Anda yang ingin mengetahui hasil ujian CPNS Honorer K2 2013 silakan klik di cpns.liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini