Sukses

Wamenkeu Tepis Indonesia Bangkrut 10 Tahun Lagi

Indonesia berpotensi bangkrut dalam 10 tahun ke depan membuat pemerintah terusik karena inflasi dan jebakan berpendapatan menengah.

Pernyataan Analis Kebijakan Internasional, Kurt Avard yang memprediksi Indonesia berpotensi bangkrut dalam 10 tahun ke depan membuat pemerintah terusik karena inflasi dan jebakan berpendapatan menengah (middle income trap).

Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu), Bambang Brodjonegoro mencoba meluruskan perkiraan tersebut. Dia mengklaim bahwa laju inflasi Indonesia selama ini relatif terjaga dengan baik.

"Inflasi relatif manageable. Middle income trap memang harus dihadapi tapi bukan berarti bangkrut," tegas dia dalam pesan singkatnya kepada Liputan6.com di Jakarta, Rabu (19/2/2014).

Bambang menjelaskan, realisasi inflasi yang menyentuh level 8,38% di akhir 2013 merupakan akibat dari penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi pada Juni lalu. Sementara  Bank Indonesia (BI) memperkirakan angka inflasi berada di 4,9% pada tahun ini.

Di sisi lain, dia menambahkan, Indonesia tengah berjuang untuk keluar dari jebakan pendapatan menengah. Pernyataan ini menjawab perkiraan Avard jika negara ini tak mampu mengembangkan perekonomiannya untuk bertransisi menjadi negara berpendapatan tinggi.

Hal tersebut disebabkan karena pemerintah kesulitan mengembangkan pasar alternatif sehingga perekonomian Indonesia masih akan terperangkap dalam kungkungan middle income trap.   

"Kita masih struggle untuk keluar dari jebakan (trap), tapi masih ada harapan. Kondisi ini lebih baik dari Argentina yang perekonomiannya turun dari 10 terbesar dunia ke middle income trap," jelas Bambang.

Ke depan, mantan Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan itu mengakui, Indonesia memerlukan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan merata. Ini merupakan resep bagi Indonesia untuk terbebas dari jebakan pendapatan menengah.

"Kita perlu pertumbuhan (ekonomi) yang berkelanjutan dan merata. Mengurangi subsidi energi menjadi salah satu instrumen (untuk keluar dari jebakan)," pungkas Bambang.

Sebelumnya, Avard mengatakan, selama ini Indonesia dipandang sebagai salah satu pasar paling menjanjikan. Sayangnya, dia melihat laju inflasi yang pesat di Indonesia dapat menggoyahkan stabilitas ekonomi negara.

Alhasil, dia memprediksi Indonesia dapat bangkrut dalam 10 tahun ke depan karena inflasi dan middle income trap. Avard menyarankan pemerintah perlu menggencarkan reformasi pendidikan guna membentuk kerjasama yang baik antar pengusaha domestik dan para lulusan baru.

Selain itu, pemerintah Indonesia dituntut untuk mengembangkan peluang investasi unik guna meningkatkan pasar tenaga kerja.(Fik/Nrm)

*Bagi Anda yang ingin mengetahui hasil ujian CPNS Honorer K2 2013 silakan klik di cpns.liputan6.com

Baca juga:

Indonesia Bisa Bangkrut dalam 10 Tahun?



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini