Sukses

Turis Diminta Jangan Kapok Berwisata ke Indonesia

Jika ada satu daerah tujuan wisata mengalami gangguan bencana, wisatawan dapat mencari destinasi wisata lain di Indonesia.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu berharap wisatawan tidak kapok berkunjung ke Indonesia usai terjadinya letusan Gunung Kelud di Jawa Timur.

Menurut dia jika ada satu daerah tujuan wisata mengalami gangguan bencana, wisatawan dapat mencari destinasi wisata lain di Indonesia.

"Nggak semua tempat terkena, kita masih punya alternatif kunjungan. Kalau misalkan tadi saya mau berencana berlibur di Malang, tapi kalau saya tahu informasi mungkin saya akan beralih ke tempat lain. Itu berarti kita bisa merencanakan dengan baik," ujar dia di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Rabu (19/2/2014).

Mari menilai, wisatawan dapat mencari tujuan wisata lain di luar Pulau Jawa. Sebab, cukup banyak lokasi menarik di luar Pulau Jawa yang masih aman.

Lebih lanjut, Mari berharap letusan Gunung Kelud, Jawa Timur, yang terjadi beberapa waktu lalu tidak menimbulkan dampak yang besar terhadap sektor pariwisata tanah air. Tapi tentunya terjadi gangguan dari sisi penerbangan untuk lokasi-lokasi tertentu. Tapi itu kan sementara," kata dia.

Namun menurut dia, yang penting adalah peran pemerintah dalam menyampaikan informasi kepada wisatawan saat terjadi bencana.

"Bagaimana kita terus menyampaikan informasi yang terkini bahwa kejadiannya seperti ini, siaga 1 atau sudah turun dari siaga 1, waspadai ini, kalau mengunjungi ini pake masker," lanjutnya.


*Bagi Anda yang ingin mengetahui hasil ujian CPNS Honorer K2 2013 silakan klik di cpns.liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.