Sukses

Konflik Geopolitik Bikin Minat Miliarder Berinvestasi Turun

Berdasarkan Millionaire Investor Confidence Index, konflik Timur Tengah dan Ukraina kemungkinan besar akan mempengaruhi prospek ekonomi.

Liputan6.com, New Jersey - Kepercayaan para miliarder untuk berinvestasi di pasar keuangan baik saham maupun obligasi mengalami penurunan karena kekhawatiran akan konflik geopolitik yang terus membesar belakangan ini.

Dikutip dari CNBC, Minggu (31/8/2014), berdasarkan Millionaire Investor Confidence Index atau indeks kepercayaan para investor kaya yang dibuat oleh Spectrem Group menyebutkan bahwa kepercayaan miliarder pada bulan Agustus ini mengalami penurunan jika dibanding dengan bulan juni lalu.

Dalam laporan yang dikeluarkan oleh Spectrem Group tersebut, Masalah konflik Timur Tengah dan konflik di Ukraina kemungkinan besar akan mempengaruhi prospek pertumbuhan ekonomi yang akan menjalar ke keuntungan investasi mereka.

Sebanyak 49 persen miliarder yang disurvei oleh Spectrem Group menganggap bahwa masalah-masalah internasional tersebut kemungkinan besar akan membuat keuntungan mereka tergerus.

"Bermula dari krisis di Ukraina kemudian ke Israel dan berlanjut ke Irak akan memiliki dampak langsung kepada prospek ekonomi," jelas laporan tersebut.

Karena itu, jumlah miliarder yang akan memasukkan dananya ke pasar saham turun 3 persen. Sedangkan jumlah miliarder yang berencana berinvestasi di obligasi juga turun 1,7 persen. (Gdn)


*Bagi Anda yang ingin mengikuti simulasi tes CPNS dengan sistem CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.