Sukses

Bank Dunia Sebut SBY Sukses Turunkan Kemiskinan meski Lambat

SBY berhasil memangkas angka kemiskinan Indonesia separuhnya.

Liputan6.com, Jakarta - Bank Dunia mencatat angka kemiskinan di Indonesia menurun. Hal ini disebut menjadi salah satu keberhasilan pemerintahan di bawah kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Kepala Perwakilan Bank Dunia untuk Indonesia, Rodrigo A. Chavez menuturkan kemiskinan Indonesia berhasil dipangkas separuhnya. Jika pada 1999, tingkat kemiskinan mencapai 24 persen populasi penduduk, kini susut menjadi 11,3 persen di kuartal pertama 2014.

" Ini adalah sebuah capaian ekonomi yang luar biasa, berkat kepemimpinan kuat dan demokrasi yang bertumbuh," kata Rodrigo dalam acara Big Ideas Conference, Bersama Mengatasi Kemiskinan dan Ketimpangan, di kawasan Kuningan, Jakarta, Selasa (23/9/2014).

Namun, Rodrigo menggarisbawahi meski angka kemiskinan terpangkas separuhnya, tapi berjalan lambat. Jumlah penduduk tak mampu pada 2012-2013 tercatat hanya 0,7 persen, angka terkecil dalam satu dekade terakhir.

"Kesenjangan melebar sesuai koefisien gini. Dari rasio 0,3 pada 2000 menjadi 0,41 pada 2013," tutur dia.

Dari angka tersebut, menurut dia, ketimpangan sosial juga harus menjadi fokus kebijakan untuk memperkecil jarak si kaya dan si miskin.

"Indonesia menjadi salah satu negara dengan peningkatan ketimpangan kemiskinan tercepat di Asia Timur," pungkasnya. (Pew/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini