Sukses

Tes CPNS Pakai Sistem CAT, Penilaian Jadi Transparan

Pelaksanaan tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) kota Pontianak dengan sistem computer assisted (CAT) membuat penilaiannya transparan.

Liputan6.com, Pontianak- Penilaian tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kota Pontianak dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) secara transparan bisa dilihat di monitor yang ada di ruang kontrol Kampus Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Pontianak tempat digelarnya tes.

Nilai-nilai yang diperoleh dari jawaban masing-masing peserta termonitor secara real time atau langsung dengan sistem perangkingan.

"Di layar monitor kelihatan siapa-siapa yang menjawab benar beserta rangkingnya," ujar Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Pontianak, Khairil Anwar, Rabu (22/10/2014) di Kampus STMIK Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat.

Ia menjelaskan, para peserta yang berhasil masuk dalam passing grade atau nilai ambang batas, maka nilai-nilai tersebut akan dikompilasi dan rekapitulasi datanya. Kemudian dari jumlah rekapitulasi itu, peserta dengan nilai tertinggi yang akan dinyatakan lulus tes CPNS.

"Jadi tidak ada rekayasa, semua angka atau nilai itu sesuai dengan hasil yang mereka peroleh pada saat tes. Siapa yang nilainya tertinggi itu yang akan lulus," kata dia.

Usai mengikuti tes CPNS, para peserta juga bisa mencatat nilainya masing-masing dan kemudian nanti mencocokkan dengan pengumuman resmi yang akan dikeluarkan Panitia Seleksi Nasional (Panselnas).

Fasilitator tes CPNS Sistem CAT dari Kantor Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional V Jakarta, Narto menjelaskan, penilaian berdasarkan Surat Keputusan (SK) Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (Menpan) Nomor 29 tahun 2014.

Dalam SK itu ditetapkan kriteria nilai ambang batas atau passing grade tes kepribadian yakni 126 atau 72 persen dari nilai maksimal 175 jika benar seluruhnya. Sedangkan tes intelegensi umum passing grade-nya 75 atau 50 persen dari nilai maksimal 150.

Sementara tes wawasan kebangsaan nilai passing grade yang harus diperoleh 70 atau 40 persen dari nilai maksimal 175. "Jadi total keseluruhan dari 100 butir jumlah soal apabila peserta menjawab benar maka nilai keseluruhannya 500," kata  Narto.

Sebagai pintu awal nilai kelulusan dari syarat mutlak CPNS adalah 271 dengan rincian tes kepribadian 126, tes intelegensi umum 75 dan tes wawasan kebangsaan 70. Kemudian dari syarat awal nilai tersebut, dilakukan perangkingan nilai tertinggi  yang akan ditetapkan lulus mutlak. (Raden AMP/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.