Sukses

Kementerian PU Siap Wujudkan Program Jokowi-JK

Kementerian Pekerjaan Umum menyatakan tak merasa kerepotan jika harus menyesuaikan program Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum (Kemen PU) menyatakan tak merasa kerepotan jika harus menyesuaikan program Presiden Joko Widodo (Jokowi)  yang tercantum dalam visi misinya. Pasalnya, target Presiden Jokowi (Jokowi) sejalan dengan Kemen PU.

"Kalau waduk hampir sama dia punya target 50, kami sudah punya potensi lebih dari itu. Jaringan irigasi baru 1 juta, kami punya potensi 1,2 juta mau ditingkatkan," kata Direktur Bina Operasi dan Pemeliharaan KemenPU, Hari Suprayogi, di Jakarta, Jumat (24/10/2014).

Dia menambahkan, target untuk memperbaiki irigasi pun memiliki selisih yang tipis. "Kemudian rehabilitasi, dia target 3 juta, kami masih punya 2,455 juta yang 500 ribu kami nanti sisir lagi," tukasnya.

Dalam visi misi untuk kedaulatan pangan, Jokowi berambisi memperbaiki irigasi dan jaringan irigasi di 3 juta ha sawah. Lalu dia ingin mencetak 1 juta lahan baru di luar Jawa.

Tak hanya itu, Jokowi akan mendirikan Bank Petani serta Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Mendirikan gudang dengan fasilitas pengolahan pasca panen di tiap sentra produksi. Jokowi juga akan memulihkan kualitas kesuburan lahan yang air irigasinya tercemar oleh limbah industri. (Amd/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.