Sukses

Ini Utang yang Harus Dilunasi Sekarang atau Nanti

setiap orang pun wajib melunasi utang jika telah memiliki uang yang cukup. Jika belum uang, buatlah skala prioritas untuk pelunasan utang.

Liputan6.com, Los Angeles - Utang merupakan salah satu alternatif masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Utang terbagi menjadi dua, ada utang baik dan adapula utang buruk. Jelas, pelabelan kriteria ini mengacu pada potensi kredit macet yang ditumbulkan.
 
Ketika orang berutang, biasanya menimbang tingkat suku bunga. Semakin rendah tingkat bunga, maka beban untuk membayarnya semakin ringan. 
 
Sementara, setiap orang pun wajib melunasi utang jika telah memiliki uang yang cukup. Akan tetapi, jika semua utang tak bisa dilunasi dalam waktu segera mungkin, yang perlu dilakukan adalah membuat skala prioritas untuk pelunasan utang tersebut.
 
Dikutip money.usnews.com, Sabtu (27/12/2014), berikut beberapa panduan untuk Anda memprioritaskan utang anda:
 
1. Kredit rumah: lunasi nanti
 
Jika Anda tak punya sisa uang cukup banyak untuk melunasi cicilan rumah. Sebaiknya Anda tidak melakukan dengan terburu-buru. Pasalnya, apabila dilakukan dengan terburu-buru dikhawatirkan akan mengorbankan tujuan-tujuan yang lain seperti menabung untuk masa pensiun dan perguruan tinggi anak-anak.
 
2. Utang kartu kredit : lunasi sekarang
 
Kartu kredit memiliki bunga yang besar. Belum lagi, pola kehidupan terus meningkat sehingga pemenuhan dengan kredit pun turut meningkat. Oleh karena itu, sebaiknya Anda segera melunasi tagihan kartu kredit.
 
3. Kredit mobil: lebih baik melunasi di awal
 
Konsumen mobil rata-rata melakukan kredit pembelian mobil selama empat atau lima tahun. Namun begitu, tak jarang pula tertarik dengan pinjaman selama 84 bulan karena tergiur dengan bunga yang lebih rendah. Padahal semakin lama waktu cicilan akan membuat pengeluaran semakin membengkak. (Amd/Ndw)
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Utang adalah sesuatu yang dipinjam, baik berupa uang maupun benda.

    Utang

  • Persentase dari pokok utang yang dibayarkan sebagai imbal jasa (bunga) dalam suatu periode tertentu disebut suku bunga.

    suku bunga

Video Terkini