Sukses

Nasib Ganti Wajah SKK Migas Diputuskan Bulan Ini

Dua skenario yang saat ini tengah digodok pemerintah yaitu melebur SKK Migas ke Pertamina atau menjadikannya sebagai badan usaha khusus.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) mengaku telah memiliki dua pilihan bentuk lembaga pengganti Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas). Keputusan mengenai perubahan wajah SKK Migas tersebut akan diputuskan pada Maret 2015.

"Kemana arahnya sedang kami kaji. Mungkin dalam bulan Maret ini akan final," terang Menteri ESDM Sudirman Said Usai Sidang Kabinet di Istana Kepresidenan, Rabu (4/3/2015).

Dia menuturkan, dua skenario yang saat ini tengah digodok pemerintah yaitu melebur SKK Migas ke PT Pertamina (Persero) atau menjadikannyasebagai badan usaha khusus dan Pertamina tetap menjadi operator.

"Kami lagi menimbang-timbang mana yang akan dipilih," kata Sudirman.

Namun, Sudirman lebih cenderung untuk menjadikan SKK Migas sebagai badan usaha khusus. Menurut dia, Pertamina sebagai operator lapangan minyak dan gas (migas) sudah mengemban tugas berat

"Sebagai perusahaan minyak, Pertamina harus terus meningkatkan daya saingnya. Tugas SKK Migas ini akan lebih baik kalau dikelola oleh badan usaha terpisah. Itu yang sedang kita pikirkan," terangnya.

Staf Khusus Menteri ESDM Said Didu menjelaskan, dalam mengambil keputusan pemerintah memiliki lima pertimbangan, pertama pertimbangan setiap keputusan secara politik dan peneriman sosial, kedua adalah secara ekonomi dan binis harus profitabel sehingga keputusan yang dibuat tidak merugikan.

Sedangkan pertimbangan ketiga secara hukum harus legal. Keempat, secara birokrasi bisa dikejakan dan kelima secara internasional fleksibel.

"Secara internasional bisa disesuaikan," jelas Said. (Luqman/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.