Sukses

DPR RI Gelar Seleksi Deputi Gubernur BI Pekan Depan

Adapun tiga nama yang dicalonkan dana akan menjalani seleksi.

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) pada bulan Juni 2015 bakal kehilangan sosok Halim Alamsyah sebagai Deputi Gubernur Bank Indonesia. Hal itu dikarenakan Halim akan habis masa jabatannya di pertengahan tahun tersebut.

Rencananya, pengganti Halim Alamsyah baru akan dilakukan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) oleh Komisi XI DPR RI pada 20 April 2015.
 
Ketua Komisi XI Fadel Muhammad mengungkapkan pihaknya telah menerima surat dari Presiden RI Joko Widodo tertanggal 27 Februari 2015 dengan kode R-18/Pres/02/2015 untuk segera menyeleksi calon pengganti Halim Alamsyah tersebut.
 
"Fit and proper test akan dilakukan pada bulan April ini, tanggal 20, calonnya dari internal," kata Fadel saat dikonfirmasi, Rabu (15/4/2015).
 
Adapun tiga nama yang dicalonkan dana akan menjalani seleksi adalah‎ Dodi Budi Waluyo, Erwin Riyanto dan Hendy Sulistiowati‎.
 
Di BI, Dodi kini menjabat sebagai Direktur Eksekutif Departemen Managemen Strategis dan Tata Kelola Bank Indonesia. Sementara untuk Erwin Riyanto‎ Erwin Riyanto menjabat sebagai Direktur Eksekutif Departemen Kebijakan Makroprudensial BI. Sedangkan Hendy Sulistiowati menjabat sebagai Direktur Eksekutif Departemen Statistik BI.
 
‎Sesuai dengan ketentuan perundang-undangan, pemilihan calon pengganti Deputi Gubernur Bank Indonesia memang harus ditentukan maksimal tiga bulan sebelum habis masa jabatannya.
 
Seperti diketahui, Halim Alamsyah selain menjadi Deputi Gubernur BI juga menjabat sebagai Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Kuangan (OJK. Maka dari itu, nantinya siapapun yang terpilih juga langsung menjabat sebagai DK OJK. (Yas)
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.