Sukses

Top 5 Bisnis: Perbedaan BPJS Ketenagakerjaan dan Kesehatan

Berikut artikel terpopuler di kanal bisnis Liputan6.com pada Sabtu, 9 Mei 2015:

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Elvyn G Masassya menilai sampai saat ini masih ada masyarakat yang belum bisa membedakan antara BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan.

Hal itu dinilai lumrah mengingat keduanya sama-sama menyandang nama BPJS. "Sebab itu kami mohon support untuk menyampaikan ke masyarakat ada dua BPJS. Satu BPJS Kesehatan dan satunya BPJS Ketenagakerjaan," kata dia.

Artikel mengenai perbedaan antara lembaga pemberi jaminan ketenagakerjaan dan kesehatan milik pemerintah tersebut menjadi perhatian pembaca Liputan6.com di kanal bisnis. Selain itu masih ada beberapa artikel lain yang menarik untuk disimak.

Lengkapnya, berikut artikel terpopuler di kanal bisnis Liputan6.com pada Sabtu, 9 Mei 2015:

1. Masyarakat Belum Bisa Bedakan BPJS Ketenagakerjaan dan Kesehatan

Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Elvyn G Masassya mengetahui banyak masyarakat yang belum bisa membedakan antara BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan  saat sedang bepergian menggunakan pesawat.

Di perjalanan, dia mendapatkan pertanyaan dari seorang pramugari tentang apakah kartu BPJS Ketenagakerjaan yang diterima bisa mengobati anaknya yang sedang sakit.

Dia pun menerangkan kepada pramugari tersebut jika BPJS Ketenagakerjaan memiliki fungsi yang beda dengan BPJS Kesehatan. Sebab BPJS Ketenagakerjaan khusus untuk pekerja.

2. 11 Mei Pukul 00.00, Tiket Kereta Tambahan Lebaran Bisa Dipesan

Kabar baik bagi para pengguna kereta api yang ingin mudik pada Lebaran tahun ini. PT Kereta Api Indonesia (KAI) kembali membuka penjualan tiket kereta tambahan untuk momen mudik Lebaran 2015 pada 11 mei 2015, mulai pukul 00.00 WIB.

"Untuk memenuhi tingginya permintaan moda transportasi kereta api pada masa angkutan Lebaran 2015, PT KAI kembali membuka penjualan tiket kereta api tambahan Lebaran 2015 dengan memaksimalkan seluruh ketersediaan sarana yang dimiliki," menurut keterangan perusahaan dalam situsnya, Sabtu (9/5/2015).

3. Sambut Princess Charlotte, Perusahaan Inggris Bagi-bagi Hadiah

Bagi Anda yang melahirkan bayi pada hari yang sama saat puteri kerajaan Inggris, Princess Charlotte Elizabeth Diana lahir, maka Anda dapat meraih hadiah uang senilai 2.000 pound sterling atau Rp 40,5 juta (kurs: Rp 20.278).

Hadiah tersebut dibagikan Nutmeg, sebuah perusahaan jasa manajemen investasi dan tabungan ternama asal Inggris.

4. Peluang Putra-Putri Papua Jadi CPNS Kian Terbuka Lebar

Pemerintah memutuskan untuk memberikan perhatian khusus kepada putra-putri Papua dalam seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS).

Bentuk perhatian dengan memberikan komposisi lebih besar hingga 65 persen bagi putra-putri Papua asli yang akan ditempatkan di daerah asalnya, dan 35 persen formasi untuk pelamar umum yang melamar di daerah Papua.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Yuddy Chrisnandi mengatakan kebijakan tersebut dilakukan untuk menata kepegawaian di Papua.

5. BPJS Ketenagakerjaan Usul Iuran Pensiun Sebesar 8%

BPJS Ketenagakerjaan mengusulkan besaran iuran pensiun sebanyak 8 persen, dengan komposisi 5 persen berasal dari pemberi kerja dan 3 persen dari pekerja.

Saat ini, pemerintah masih terus menggodok besaran iuran pensiun karena adanya usulan yang berbeda dari pengusaha, pemerintah maupun buruh.

(Gdn/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini