Sukses

Top 5 Bisnis: Menebak Nasib Harga BBM di Agustus

Ada dua faktor yang menentukan penyesuaian harga BBM yaitu pergerakan harga minyak dunia dan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah masih menghitung realisasi harga minyak dunia dan kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) sepanjang Juli ini. Pasalnya kedua indikator tersebut terus mengalami pergerakan naik dan turun tergantung suplai maupun permintaan.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Sofyan Djalil belum merembuk atau memutuskan apapun terkait kebijakan menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) meski rupiah masih berada di level Rp 13.000-an per dolar AS dan harga minyak dunia mengalami penguatan.

"Belum ada pembicaraan, kita lihat realisasi harga BBM dan kurs selama Juli ini. Kurs rupiah tidak melemah terus, karena kadang menguat. Ini normal naik turun tergantung suplai," ujar dia.

Informasi mengenai penyesuaian harga BBM di awal Agustus menjadi artikel paling diburu masyarakat. Tak hanya itu, berita lainnya yang menarik yaitu seputar harga barang mewah usai pajak dihapus hingga peluncuran Pertalite.

Lengkapnya berikut lima artikel paling populer di kanal bisnis Liputan6.com, edisi Rabu 23 Juli 2015:

1. Harga BBM Bakal Naik atau Turun di Agustus?

Pemerintah akan menghitung kembali harga jual BBM Agustus ini pada akhir bulan. Dalam perhitungan tersebut merupakan wewenang Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

"Biasanya akhir bulan di-review. Tapi apakah dinaikkan atau tidak, menunggu hasil perhitungan. Menteri ESDM yang akan melihat realisasi harga minyak dan kemudian akan disesuaikan," terang Menko Perekonomian Sofyan.

2. Hal yang Pantang Dikatakan Orang Sukses Saat Bekerja

Orang-orang sukses punya aturan khusus ketika bekerja. Apapun yang mereka lakukan, mereka memiliki standar dan beberapa cara tersendiri.

Ingin menjadi bagian dari mereka? Salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah kelilingi diri Anda dengan orang-orang sukses di tempat kerja. Etos kerja mereka dan cara mereka melakukan sesuatu merupakan hal yang patut ditiru.

3. Eksekutif Sukses yang Ketahuan Berbohong di CV

Saat mencari pekerjaan, Anda membuat resume atau curriculum vitae (CV) untuk menampilkan prestasi dan keahlian Anda yang paling berharga. CV juga menjadi media bagi para pemberi kerja untuk menentukan Anda layak atau tidak bekerja di perusahaan.

Jadi, tidak heran kalau mayoritas orang berbohong di CV mereka. Sebuah survei pada 2014 oleh CareerBuilder menemukan, 58 persen manajer perekrutan berhasil menemukan para pelamar kerja yang berbohong soal resume-nya.

Kebohongan ini tidak hanya terjadi pada pekerja level menengah. Di level eksekutif pun banyak yang melakukannya.

4. Pajak Dihapus, Harga Louis Vuitton Cs Turun 2 Bulan Lagi

Pemerintah telah memberlakukan pembebasan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) beberapa kelompok barang mulai 9 Juli ini. Faktanya, harga barang mewah seperti tas, arloji, elektronik sampai perabot rumah tangga di pusat perbelanjaan besar masih dijual dengan harga normal.

Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DKI Jakarta, Ellen Hidayat mengakui bahwa penjual membanderol barang-barang mewah, seperti Louis Vuitton Cs dengan harga lama (termasuk PPnBM).

Ellen memperkirakan, pengusaha baru akan menjual barang-barang mewah dengan harga baru (tidak termasuk PPnBM) mulai dua bulan ke depan. Saat ini, katanya, pengusaha sedang menghabiskan stok barang mewah menggunakan harga normal.

5. Diluncurkan 24 Juli, SPBU Siap Jual Pertalite

PT Pertamina (Persero) tengah mempersiapkan tes pasar untuk bahan bakar terbaru yaitu Pertalite atau RON 90. Hal tersebut terlihat dari beberapa stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) yang mencantum Pertalite di salah satu menu bahan bakar minyak (BBM) yang dijualnya.

Berdasarkan pengamatan Liputan6.com, SPBU 31-10202 Jalan Abdul Muis, Jakarta Pusat telah mencantumkan Pertalite di daftar nama BBM yang dijual. Meski begitu, untuk harga penjualannya belum dicantumkan.

Kemudian, 5 dispenser pengisian BBM juga telah dicantumkan nama Pertalite berdampingan dengan BBM lain seperti Pertamax, Pertamax Plus, Solar dan Premium. Rencananya Pertalite mulai diluncurkan pada Jumat, 24 Juli 2015. (Ndw/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.