Sukses

Top 5 Bisnis: Pertamina Turunkan Harga Pertamax Sedot Perhatian

Berikut lima artikel terpopuler di kanal bisnis pada Senin 17 Agustus 2015.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah cara dilakukan perusahaan untuk memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh pada 17 Agustus. Salah satunya adalah PT Pertamina (Persero).

Perusahaan energi pelat merah tersebut memberikan promo harga Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk memperingati HUT kemerdekaan Indonesia yang genap berusia 70 tahun.

Artikel Sambut HUT Kemerdekaan RI, Pertamina Turunkan Harga Pertamax telah menyita perhatian pembaca di kanal bisnis pada edisi Senin 17 Agustus 2015. Tak hanya kado kemerdekaan dari BUMN kepada masyarakat yang menyita perhatian publik. Kementerian Keuangan memastikan tambah pegawai pajak juga mencuri perhatian pembaca.

Ingin tahu artikel terpopuler pilihan lainnya di kanal bisnis? Berikut daftar lengkapnya:

1. Sambut HUT Kemerdekaan RI, Pertamina Turunkan Harga Pertamax

Sejumlah cara dilakukan perusahaan untuk memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh pada 17 Agustus. Salah satunya adalah PT Pertamina (Persero).

Perusahaan energi pelat merah tersebut memberikan promo harga Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk memperingati HUT kemerdekaan Indonesia yang genap berusia 70 tahun.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Wianda Pusponegoro mengatakan promo tersebut berupa penurunan harga untuk dengan kadar Research Octane Number (RON) di atas 92, yaitu Pertamax 92 dan Pertamax Plus 95.

2. Kemenkeu Pastikan Tambah Pegawai Pajak

Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memastikan akan menambah pegawai untuk Direktorat Jenderal Pajak (DJP). Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro menyampaikan hal tersebut usai melaksanakan upacara bendera HUT ke-70 RI.

"Pokoknya anggaran tunjangan kinerja semua sudah masuk. Persisnya berapa saya tidak ingat. Pastinya ada dianggarkan," kata Bambang.

3. Bikin Mobil di RI, Perusahaan China Pakai Komponen Lokal

Produsen otomotif asal asal China yang akan membangun pabriknya di Indonesia, PT SAIC General Motors Wuling (SFMW) mengaku akan menggandeng 40 industri komponen di dalam negeri.

Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat, Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) I Gusti Putu Suryawirawan mengatakan bahwa produsen otomotif tersebut saat ini tengah melakukan pembinaan terhadap 40 industri komponen lokal.

4. Pedagang Ungkap Biang Kerok Anjloknya Harga Tomat

Pedagang tergabung dalam Persatuan Pemasar Hasil Pertanian (PPHP) menuturkan harga tomat di tingkat petani sedang anjlok. Harga tomat buah kini dibanderol Rp 1.400 per kilogram (kg) dan tomat sayur Rp 700 per kg.

Presiden Persatuan Pemasar Hasil Pertanian (PPHP) Anne Sri Arti mengatakan, anjloknya harga disebabkan karena pola tanam petani yang tidak teratur. Selama ini, petani hanya menanam jika harga bagus.

5. Pertamina Banting Harga Pertamax Cs, Bagaimana Shell dan Total?

PT Pertamina (Persero) hari ini melakukan penurunan harga bahan bakar minyak (BBM) dengan kadar Research Octane Number (RON) di atas 92 atau dikenal Pertamax Cs. Lalu bagaimana dengan harga PT Shell Indonesia dan PT Total Oil Indonesia.

Sedangkan pesaingnya PT Shell Indonesia belum mengubah harga BBM-nya pada pertengahan Agustus ini. Menurut pantauan di SPBU Shell kawasan Cikini, produk BBM Super setara Pertamax dipatok seharga Rp 9.600 per liter, V-Power yang setara Pertamax Plus dijual Rp 10.700 per liter dan Diesel Rp 11.700 per liter.

Begitupula PT Total Oil Indonesia. Perusahaan minyak asal Prancis tersebut membanderol produk BBM jenis Performance 92 seharga Rp 9.700 per liter, Performance 95 Rp 10.800 per liter dan Performance Diesel Rp 11.700 per liter. (Ahm/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini