Sukses

Top 5 Bisnis: Tips Keluar dari Jeratan Utang

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal bisnis Liputan6.com edisi 19 November 2015:

Liputan6.com, Jakarta - Jeratan utang terjadi karena pengeluaran lebih besar daripada pemasukan. Hal ini patut diwaspadai, karena jeratan utang kerap menimbulkan rasa resah dan gelisah akibat beban utang yang ditanggung. Hidup jadi tak tenang, pikiranpun terganggu.

Pada dasarnya, jeratan utang terjadi karena ketidakmampuan seseorang mengendalikan keinginan dan minimnya pengetahuan dalam hal pengelolaan keuangan. Supaya terhindar dari jeratan hutang tidak ada cara lain selain berusaha mengurangi pengeluaran atau menaikkan pendapatan.

Artikel mengenai langkah untuk bisa keluar dari jeratan utang ini menjadi artikel yang terpopuler. Selain itu ada juga artikel lain yang menarik perhatian pembaca seperti kasus desahan di kokpit Lion Air.

Lengkapnya, berikut 5 artikel terpopuler di kanal bisnis Liputan6.com edisi 19 November 2015:

1. 5 Langkah Terbebas dari Jeratan Hutang

Jeratan utang tidak hanya terjadi pada kalangan berpenghasilan minim atau kurang, mereka yang penghasilannya di atas rata-rata pun dapat terjerat utang. Perlu Anda pastikan bahwa cicilan hutang sebaiknya tidak lebih 30 persen dari penghasilan bulanan Anda.

Pada dasarnya, jeratan hutang terjadi karena ketidakmampuan seseorang mengendalikan keinginan dan minimnya pengetahuan dalam hal pengelolaan keuangan. Supaya terhindar dari jeratan hutang terdapat 5 langkah yang bisa Anda lakukan.

2. Gaji Besar, Pilot dan Pramugari Dilarang Bisnis Prostitusi

Kasus laporan penumpang Lion Air terhadap seorang pilot yang menawarkan pramugari janda dan suara desahan, menimbulkan pertanyaan, mungkinkah benar ada bisnis prostitusi terselubung di pesawat?

Ketua Penerbangan Berjadwal Asosiasi Perusahaan Penerbangan Nasional Indonesia (Indonesia National Air Carriers Association/INACA), Bayu Sutanto membantah bisnis esek-esek menjalar sampai di atas pesawat penumpang.

3. Desahan di Kokpit Lion Air, Kasus Pertama di Dunia

Maskapai penerbangan Lion Air kembali menuai kontroversi. Pasalnya, seorang penumpang bernama Lambertus Maengkom melaporkan jika pilot pesawat Lion JT 990 menawarkan pramugari berstatus janda kepada para penumpang. Tak sekadar itu, Lambertus juga mengaku mendengar suara desahan di kokpit pesawat Lion Air.

Pengamat penerbangan Universitas Gadjah Mada Arista Admadjati pun menyayangkan hal tersebut. Menurut dia, kejadian itu mencoreng nama penerbangan nasional. Dalam catatannya, hal semacam itu belum pernah terjadi di dunia.

4. Ini Penyebab Utang Luar Negeri Turun

Utang Luar Negeri (ULN), baik sekor swasta maupun publik, pada akhir kuartal III tercatat turun US$ 2,1 miliar menjadi US$ 302,4 miliar dibanding realisasi kuartal II 2015 sebesar US$ 304,5 miliar. Penyebabnya karena pelemahan nilai tukar rupiah yang membuat perusahaan enggan berutang.

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Muliaman D Hadad saat acara Seminar Outlook Ekonomi dan Pasar Modal 2016 mengakui bahwa utang luar negeri menunjukkan tren penurunan seiring dinamika pergerakan kurs rupiah.

5. 5 Tunggangan Sederhana Orang Terkaya Dunia

Tidak semua miliarder dunia punya mobil mewah yang jadi tunggangannya. Mungkin akan terkejut melihat miliarder yang juga orang terkaya di dunia masih menggunakan mobil yang biasa-biasa saja.

Meski dengan uangnya, mereka bisa membeli mobil termahal di dunia sekali pun. Penasaran dengan tunggangan para miliarder dunia? (Gdn/Zul)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.