Sukses

Top 5 Bisnis: Pengusaha Tolak Rencana Aksi Mogok Buruh Jadi Hits

Berikut lima artikel terpopuler di kanal bisnis pada edisi Sabtu 21 November 2015.

Liputan6.com, Jakarta - Asosiasi pengusaha Indonesia (Apindo) menyatakan kecamannya terhadap rencana aksi mogok nasional yang dilaksanakan selama 4 hari pada 24-27 November 2015.

Ketua Umum Apindo Haryadi Sukamdani menyatakan, ada 4 poin yang menjadi perhatian pengusaha terkait rencana aksi mogok nasional tersebut. Pertama, pengusaha menentang keras aksi tersebut karena dianggap bertentangan dengan hukum.

Artikel pengusaha menentang keras aksi mogok nasional oleh para buruh paling disorot di kanal bisnis pada Sabtu 21 November 2015. Tak hanya itu, penetapan upah minimum provinsi (UMP) pada 2016 juga menjadi artikel paling dicari.

Ingin tahu artikel mana saja yang paling menyita perhatian pembaca di kanal bisnis? Berikut lima artikel pilihannya:

1. Pengusaha Kecam Rencana Aksi Mogok Buruh

Asosiasi pengusaha Indonesia (Apindo) menyatakan kecamannya terhadap rencana aksi mogok nasional yang dilaksanakan selama 4 hari pada 24-27 November 2015.

Ketua Umum Apindo Haryadi Sukamdani menyatakan, ada 4 poin yang menjadi perhatian pengusaha terkait rencana aksi mogok nasional tersebut. Pertama, pengusaha menentang keras aksi tersebut karena dianggap bertentangan dengan hukum.

2. Ini 5 Provinsi dengan Kenaikan UMP 2016 Terendah

Hingga saat ini, telah ada 28 provinsi yang telah menetapkan besaran upah minimum provinsi (UMP) 2016. Dari ke-28 provinsi tersebut, Jawa Barat akhirnya menetapkan UMP untuk tahun depan.Padahal pada tahun-tahun sebelumnya, provinsi tersebut tidak pernah menetapkan UMP.

Berdasarkan data yang diperoleh Liputan6.com dari Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), kenaikan upah minimum yang provinsi-provinsi yang telah menetapkan berkisar Rp 103.000-400.000, seperti ditulis Sabtu 21 November 2015.

3. 6 Cara Miliarder Terkaya Nikmati Libur Akhir Pekan

Libur akhir pekan sering kali menjadi waktu yang sangat berharga setelah selama lima hari dirudung berbagai kesibukan. Bukan rahasia lagi, Sabtu dan Minggu digunakan banyak orang untuk melepas seluruh kejenuhan dan rasa penat.

Melansir laman Inc.com, Sabtu 21 November 2015, sebagian orang mungkin berpikir, para pengusaha sukses akan tetap sibuk bekerja di akhir pekan. Faktanya, tak hanya orang biasa, para miliarder dengan seluruh kekayaannya juga tak ketinggalan menikmati libur akhir pekan dan berhenti bekerja sementara waktu.

4. Ini Dia Negara dengan Paspor Termahal di Dunia

Bepergian lintas negara tentu menguras biaya yang tidak murah. Di beberapa negara, pembuatan paspor saja tercatat mampu menguras banyak uang calon wisatawan.

Melansir laman Times, Sabtu (21/11/2015),  jika Anda berpikir biaya membuat paspor di Indonesia cukup mahal, lihat dulu berapa uang yang harus dikeluarkan di Turki. Baru-baru ini, sebuah situs penelitian Statista menemukan, biaya pembuatan paspor di Turki sebagai yang termahal di dunia.

5. Demi Internet Cepat, Bos Facebook Sumbang Rp 273 Triliun

Founder dan inisiator di balik platform sosial media Facebook, Mark Zuckeberg baru saja mendeklarasikan misinya untuk membantu anak sekolah di Amerika merasakan koneksi internet lebih cepat.Dilansir dari Business Insider, Sabtu 21 November 2015, Mark menjelaskan misinya tersebut dalam sebuah post Facebook yang diunggahnya. (Ahm/Zul)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.