Sukses

Di Penghujung Tahun, Harga Sayuran Tak Kunjung Turun

Terlihat mulai ada kekhawatiran dari para pedagang dan pembeli‎ soal kenaikan harga sayur dan bahan pokok.

Liputan6.com, Jakarta - Di penguhujung tahun 2015 yang menyisakan dua hari lagi, harga sejumlah sayuran masih tinggi sejak dua minggu lalu.
 
Dari hasil pantauan Liputan6.com di Pasar Tegal Parang, Jakarta Selatan, terlihat mulai ada kekhawatiran dari para pedagang dan pembeli‎.
 
Suratmi (42), pedagang sayur, mengungkapkan harga cabai dan bawang merah masih menjadi perhatian.
 
"Harga cabai dan bawang merah yang sering naik turun ini saja masih belum turun seperti dua minggu lalu," kata dia saat berbincang dengan Liputan6.com, Rabu (30/12/2015).
 
Suratmi mengaku menjual cabai merah keriting merah sebesar Rp 34 ribu per kilogram (kg), naik dari dua minggu lalu Rp 28 ribu per kg. Sementara untuk bawang merah dibanderol seharga Rp 28 ribu per kg dari sebelumnya Rp 15 ribu per kg.
Tidak hanya itu, beberapa bahan pangan lain seperti bawang putih masih dijual Rp 22 ribu per kg, cabai rawit merah Rp 26 ribu dan cabai rawit hijau seharga Rp 18 ribu per kg.
 
Pedagang‎ sayuran lain, Martina (38) mengaku sedikit khawatir dengan kondisi harga sayuran ini, mengingat di Jakarta dan sekitarnya sudah mulai sering turun hujan. Ini bisa memicu gejolak harga ke depannya.
 
"Hujan terus pasti nanti tambah naik lagi, belum karena banjir, itu sudah biasa, tapi ya mau bagaimana lagi," tegas dia.
 
Martina saat ini menjual sayuran lain seperti tomat seharga Rp 10 ribu per kg, buncis Rp 18 ribu per kg, kacang panjang Rp 20 ribu per kg, dan kentang seharga Rp 15 ribu per kg.
 
Sementara itu, jenis bahan pangan lain seperti daging sapi masih bertengger di harga Rp 110 ribu per kg, telur ayam Rp 22 ribu per kg, beras kualitas sedang Rp 9.500 per kg, dan beras kualitas premium mencapai Rp 10.500 per kg. (Yas/Nrm)*

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini