Sukses

Sektor Ini Paling Banyak Diburu Tenaga Kerja Indonesia

Beberapa sektor tertentu masih menjadi pilihan favorit para pemburu kerja.

Liputan6.com, Jakarta - Pasar tenaga kerja bersifat kompleks dan dinamis. Dibutuhkan interaksi terus-menerus antara penawaran yaitu individu pencari kerja dengan permintaan atau mereka yang membutuhkan tenaga kerja sehingga dapat saling bersinergi.

Beberapa sektor tertentu ternyata masih menjadi pilihan favorit para pemburu kerja. Sektor perbankan dan ritel misalnya.

CEO Karir.com Dino Martin mengatakan, kedua sektor ini berhasil menarik minat pelamar kerja paling besar.

"Sektor perbankan sama retail, gede banget. Perbandingannya bisa sampai 1:60 dalam satu posisi," ujar dia saat ditemui pada acara diskusi Tantangan Ekonomi Indonesia 2016 di Jakarta,  seperti dikutip Jumat (19/2/2016).

Menurut data yang dikeluarkan Karir.com, tercatat industri retail menarik 104.423 pelamar untuk posisi pemula.

Sementara industri perbankan dan finansial menempati posisi pertama dengan pelamar sebanyak 142.625 sepanjang 2015.

Walaupun begitu, industri perbankan dan finansial merupakan sektor yang memiliki peminat sangat besar.

Rektor Unika Atma Jaya Dr Agustinus Prasetyantoko mengungkap, permintaan sektor ini masih sangat tinggi sehingga tidak jarang mengambil pasokan dari luar.

"Dua puluh persen ekonomi Indonesia disumbang dari dunia perbankan sehingga kesempatan untuk berkembang sektor ini masih sangat tinggi," ungkap dia. (vna/nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini