Sukses

PT KAI Gelar Angkutan Motor Gratis Lebaran 2016

Demi mengurangi kemacetan musim Lebaran, PT KAI kembali menyelenggarakan angkutan motor gratis

Liputan6.com, Jakarta - Setelah sukses menyelenggarakan angkutan motor gratis pada masa Angkutan Lebaran 2015 lalu, tahun ini, PT KAI kembali bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan menggelar angkutan motor gratis untuk mengurangi kepadatan dan tingkat kecelakaan di jalan raya yang disebabkan oleh sepeda motor pada saat penyelenggaraan Angkutan Lebaran.

Dikutip dari keterangan KAI, Sabtu (19/3/2016), untuk memfasilitasi penyelenggaraan angkutan motor gratis ini PT KAI mengerahkan 35 kereta bagasi dengan rincian 14 kereta bagasi untuk lintas utara, 14 kereta bagasi untuk lintas selatan 1, dan 7 kereta bagasi untuk lintas selatan 2, dengan target kapasitas angkut sebesar 15.834 motor, meningkat dari tahun 2015 yang hanya berkapasitas angkut 9900 motor.

Kereta api angkutan motor gratis ini akan dioperasikan selama 6 hari saat arus mudik, yakni mulai tanggal 28 Juni-3 Juli 2016 dan selama 7 hari operasi saat arus balik mulai tanggal 10-16 Juli 2016, dengan stasiun pemberhentian sbb:

1. Lintas Utara Stasiun Jakartagudang–Stasiun Surabayapasarturi

Stasiun pemberhentian: Cirebonprujakan, Tegal, Pekalongan, Semarangtawang, Ngrombo, Cepu, Bojonegoro, Babat

2. Lintas Selatan 1 Stasiun Jakartagudang–Stasiun Kutoarjo

Stasiun pemberhentian: Purwokerto, Kroya, Gombong, Kebumen, Kutoarjo

3. Lintas Selatan 2 Stasiun Jakartagudang–Stasiun Kediri

Stasiun pemberhentian: Lempuyangan, Klaten, Solojebres, Madiun, Kertosono

Masyarakat yang ingin memanfaatkan pelayanan angkutan motor gratis dengan KA dapat melakukan pendaftaran mulai tanggal 8 Maret 2016 di Stasiun Jakartagudang dan Stasiun Pasarsenen, Jakarta pukul 08.00 s.d. 18.00 WIB dengan membawa KTP, SIM, STNK asli yang masih berlaku beserta masing-masing 3 lembar fotokopiannya.

Bagi masyarakat yang melakukan pendaftaran angkutan motor gratis, PT KAI dan Kementerian Perhubungan juga memfasilitasi untuk pembelian tiket mudik menggunakan KA dengan ketentuan maksimal tiga orang dalam satu keluarga (2 dewasa, 1 anak maksimal usai 11 tahun) untuk satu unit motor.

PT KAI menyediakan lima KA untuk memfasilitasi para pengguna layanan angkutan motor gratis ini dengan keberangkatan penumpang untuk arus mudik mulai tanggal 29 Juni s.d. 4 Juli 2016 dan arus balik tanggal 11-17 Juli 2016 dengan pembagian sebagai berikut:

1. Melakukan pendaftaran tanggal 8 Maret hingga 6 April 2016, difasilitasi untuk pembelian tiket mudik dengan KA Kertajaya Rangkaian Panjang (non PSO), Kutojaya Utara (non PSO), Bengawan, dan Brantas (selama seat masih tersedia)

2. Melakukan pendaftaran tanggal 7 April hingga 6 Mei 2016 difasilitasi untuk pembelian tiket mudik dengan KA Kutojaya Utara Tambahan Lebaran (non PSO) (selama seat masih tersedia)

3. Melakukan pendaftaran 7 Mei hingga 6 Juni 2016 tidak difasilitasi untuk pembelian tiket mudik dengan KA

PT KAI mengalokasikan tiga kereta pada setiap KA tersebut di atas untuk memfasilitasi para pengguna layanan angkutan motor gratis dengan kapasitas tempat duduk per hari sebanyak 1696 seat dengan total seat sebanyak 22.048 selama arus mudik dan balik Lebaran 2016.

Bagi pendaftar angkutan motor gratis yang memanfaatkan fasilitas pembelian tiket mudik, pembayaran dapat dilakukan pada saat pendaftaran motor di Stasiun Jakartagudang dan Pasarsenen, Jakarta.

Petugas akan menyerahkan bukti pembayaran kepada pendaftar yang nantinya dapat ditukarkan dengan tiket asli pada saat dropping/penyerahan motor pada H-1 keberangkatan angkutan motor gratis di Stasiun Jakartagudang. (Yas/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.