Sukses

7 Negara Paling Kaya di Dunia, Mana Saja?

Dari data tersebut dapat dilihat bahwa negara dengan luas wilayah kecil masih mampu mendapuk peringkat atas.

Liputan6.com, Jakarta - Daftar terbaru yang dikeluarkan oleh Global Finance Magazine mengungkap beberapa negara di dunia dengan pendapatan per kapita terbesar. Beberapa negara ini pun sukses menjadikan diri sebagai negara terkaya di dunia.

Analisis tersebut didasarkan dari data yang didapat oleh World Bank dan International Monetary Fund (IMF). Dari data tersebut dapat dilihat bahwa negara dengan luas wilayah kecil masih mampu mendapuk peringkat atas.

Melansir Business Insider, Sabtu (2/4/2016) berikut daftarnya:

7. Uni Emirat Arab
PDB per kapita: US$ 67.201

Uni Emirat Arab adalah sebuah negara federasi dari tujuh emirat yang kaya akan minyak bumi. Jabatan Presiden dan Wakil Presiden negara ini dilantik oleh Majelis Tertinggi setiap lima tahun sekali.

Majelis Tertinggi juga melantik barisan kabinet sementara Majelis Federasi Kebangsaan yang mempunyai anggota sebanyak 40 orang dari ketujuh negara bagian meneliti dan membincangkan Undang-undang (UU)yang dicadangkan.

6. Norwegia
PDB per kapita: US$ 67.619

Norwegia berbatasan langsung dengan Laut Utara di barat daya dan Kepulauan Skagerrak di selatan, Laut Norwegia di barat, serta Laut Barents di timur laut. Negara ini mendapat peringkat keenam negara dengan PDB tertinggi.

5. Kuwait
PDB per kapita: US$ 71.600

Kuwait adalah negara monarki yang kaya akan minyak di pesisir Teluk Persia, Timur Tengah. Ia berbatasan dengan Arab Saudi di sebelah selatan dan Irak di utara. Nama 'Kuwait' berasal dari kata Arab yang bermakna "benteng yang dibangun dekat air".

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

4. Brunei Darussalam
PDB per kapita: US$ 80.335

Saat ini, Brunei Darussalam memiliki PDB tertinggi kedua di Asia Tenggara setelah Singapura, sehingga diklasifikasikan sebagai negara maju. Brunei adalah sebuah negara tertua di antara kerajaan-kerajaan di tanah Melayu. Keberadaan Brunei Tua ini diperoleh berdasarkan kepada catatan Arab, China dan tradisi lisan.

3. Singapura
PDB per kapita : US$ 84.821

Singapura memiliki ekonomi pasar yang sangat maju, yang secara historis berputar di sekitar perdagangan entrepôt. Bersama Hong Kong, Korea Selatan dan Taiwan, Singapura adalah satu dari Empat Macan Asia. Ekonominya sangat bergantung pada ekspor dan pengolahan barang impor, khususnya di bidang manufaktur.

2. Luksembourg
PDB per kapita: US$ 94.167

Luxembourg adalah salah satu negara terkecil di Eropa. Dia berada pada peringkat ke-167 dalam ukurannya dibandingkan negara-negara lainnya.

1. Qatar
PDB per kapita: US$ 146.011

Peringkat pertama ditempati oleh Qatar. Negara ini berada di sebuah semenanjung kecil di Jazirah Arab. Batasnya di selatan adalah Arab Saudi dan sisanya dibatasi Teluk Persia.

(Vna/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.