Sukses

KCJ Bakal Tambah 7 Rangkaian Kereta pada 2016

PT KAI Commuter Jabodetabek akan menambah rangkaian kereta secara bertahap hingga akhir 2016.

Liputan6.com, Jakarta - PT KAI Commuter Jabodetabek/KCJ akan menambah jumlah rangkaian demi meningkatkan volume angkut pada 2016.

Direktur Utama PT KCJ M Fadhil mengungkapkan ada penambahan tujuh rangkaian lagi pada 2016 dengan satu rangkaian akan memiliki 12 gerbong.

"Kita akan tambah tujuh lagi rangkaian KRL, jumlah rangkaian saat ini yang dioperasikan dengan 12 gerbong masih terbatas, baru 11 rangkaian‎," kata Fadhil di Stasiun Kota, Jakarta, Sabtu (30/4/2016).

 

Ia mengatakan, penambahan ini akan dilakukan bertahap hingga akhir tahun nantinya. Dengan demikian KCJ akan mengoperasikan 18 rangkaian KRL dengan 12 gerbong.

Penambahan ini dilakukan karena perusahaan tengah memesan rangkaian KRL baru dari Tokyo, Jepang. Selama ini, KRL yang dioperasikan memang berasal dari Jepang. Hal ini karena lebar rel kereta Indonesia sama dengan kereta commuter di Jepang.

Untuk tahap pertama, Fahdil mengaku rangkaian KRL yang akan dikirim melalui jalur laut ini akan tiba di Pelabuhan Tanjung Priok pada Juni 2016.

"Rangkaian yang kita beli dari Jepang ini 10 formasi. Untuk yang rangkaian 12 akan kita hasilkan dari modifikasi dengan penambahan kereta yang selama ini sudah dioperasikan,"‎  ujar Fadhil. (Yas/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.