Sukses

Tol JORR Bakal Macet Saat Lebaran, Ini Penyebabnya

‎PT Jasa Marga Tbk memperkirakan Jalan Tol Luar Jakarta atau Jakarta Outer Ring Road (JORR) akan macet saat mudik lebaran.

Liputan6.com, Jakarta - ‎PT Jasa Marga Tbk memperkirakan Jalan Tol Luar Jakarta atau Jakarta Outer Ring Road (JORR) akan macet saat mudik Lebaran. Kemacetan berasal dari penumpukan kendaraan di simpang susun Cikunir (Cikunir Interchange).

Direktur Utama Jasa Marga Adityawarman mengatakan, ‎kemacetan disebabkan oleh banyaknya kendaraan berasal dari beberapa arah, seperti dari Pondok Indah dan Tanjung Priok yang menumpuk di gerbang tol.

"Nanti terjadi kepadatan di JORR karena buntutnya akibat dari Cikunir," kata dia, Jakarta, Rabu (4/6/2016).

‎Dia mengatakan, mengatasi kemacetan tersebut hanya bisa diatasi dengan pembangunan jalan layang (elevated). Namun tender untuk pembangunan jalan layang tersebut baru akan dilakukan pada Juni.

‎Dia menambahkan, dengan tender Juni maka pembangunannya memakan waktu sampai dua tahun.

"Pak Menteri menanyakan hal itu. Mudah-mudahan awal Juni mulai tender. Kan, tender dari sini (Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat). Kalau tender Juni hampir satu setengah sampai dua tahun," kata dia.

Untuk mengatasi masalah kemacetan sementara, Jasa Marga bakal menambah petugas jalan tol dan petugas keamanan. Langkah tersebut, kata dia, untuk mempercepat pelayanan di jalan tol.

‎"Kita bikin elevated, yang saya ceritakan adalah mengatasi Cikunir ini sebelum selesai kita kawal secara fisik, tambah polisi, bantu petugas patroli kita, supaya kelancaran baik. Enggak ada upaya lain. Kalau ditanya apa solusinya, kita membangun elevated ini," katanya.

Sementara dia mengatakan, kendaraan yang melewati tol dalam kota sendiri diperkirakan akan turun saat mudik lebaran. "Karakter Lebaran malah turun 30 persen" tandas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini