Sukses

RI Bakal Gelar Festival Buah dan Bunga Terbesar dalam Sejarah

Rencananya Festival Buah dan Bunga yang merupakan hasil produksi petani lokal ini berlangsung di Bogor Jawa Barat pada 17-20 November 2016.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah berencana menyelenggarakan Festival Buah dan Bunga Nusantara (FBBN) bertaraf internasional dan menjadi yang terbesar dalam sejarah di Indonesia.

Rencananya festival buah dan bunga yang merupakan hasil produksi petani lokal ini berlangsung di Bogor, Jawa Barat, pada 17-20 November 2016.

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengungkapkan, penyelenggaraan FBBN merupakan bentuk implementasi atas perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar lndonesia mengenalkan buah dan bunga Nusantara kepada masyarakat dunia. Salah satu caranya adalah dengan memamerkan produk-produk unggulan yang berpotensi ekspor dan mendatangkan pembeli yang berasal dari berbagai negara.

‎“Ini adalah ajang terbesar sepanjang sejarah. Kita bahu-membahu untuk ini. Insya Allah ini berhasil," kata Amran, di Kantor Kementerian Pertanian Jakarta, Senin (9/5/2016).


‎‎Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Herry Suhardiyanto menambahkan, FBBN Internasional rencananya berlangsung di Kota Bogor, Jawa Barat, pada 17-20 November 2016, yang bertujuan meningkatkan jumlah dan kapasitas produsen dan eksportir.

Selain itu, membantu meningkatkan kesadaran akan standar kualitas ekspor dan kebutuhan pasar bagi para produsen dan eksportir buah dan bunga Nusantara. Tujuan lainnya adalah meningkatkan kualitas, jumlah, konsistensi dan kesinambungan dari produk buah dan bunga Nusantara yang berkualitas ekspor.

"Untuk mempromosikan kekayaan dan keragaman buah dan bunga Nusantara, serta potensinya ke pasar global," tutur‎ Herry.

Adapun bentuk kegiatan internasional yang akan dilaksanakan adalah Exhibition, Novelty (Innovative Product), Business Matchmaking, Export Business Coaching, dan Conference. Sedangkan Program Nasional yaitu Fruit Contest, Fruit and Floriculture Room Decoration Contest, Fruitpreneur Got Talent, Sales Exhibition, Carnival, Various Competitions.

FBBN lnternasional 2016 juga akan menghadirkan 500 pengusaha skala internasional, yang terdiri atas importir, distributor, wholesaler, agent dan retailer, produsen makanan dan minuman olahan, Asosiasi atau Kamar Dagang Negara Tujuan Ekspor, Institusi Pemasaran Internasional, serta Institusi Kerja Sama Perdagangan Internasional.

Acara ini akan diikuti beberapa negara meliputi negara anggota ASEAN, Asia seperti China, Jepang, Taiwan, dan  Korea Selata, Timur Tengah seperti UAE, Saudi Arabia, Qatar, Kuwait, Jordan, Australia dan NZ, Eropa, dan Amerika

Diperkirakan 10 ribu‎ pengunjung dalam negeri akan menghadiri acara ini. Mereka berasal dari berbagai kalangan, baik pelaku usaha buah dan bunga Nusantara, segar maupun olahan, termasuk berbagai sarana penunjang, institusi pemerintah, maupun masyarakat umum.

Festival Buah dan Bunga Nusantara Internasional 2016 ini akan menampilkan kelompok produk benih dan bibit, pupuk, pestisida dan hormon, buah dan bunga segar, buah dan bunga olahan, industri kesehatan berbahan baku buah dan bunga, industri pariwisata berbasis kebun buah dan bunga Nusantara, peralatan pertanian, mesin pertanian, media pertanian, outlet buah dan bunga, dan lembaga keuangan.(Pew/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.