Sukses

Mau Kerja di Luar Negeri? Pikirkan Dulu 5 Hal Ini

Gaji yang lebih besar serta kesempatan untuk mengenal orang dari latar belakang yang berbeda menjadi daya tarik tersendiri.

Liputan6.com, Jakarta - Era globalisasi membuat makin banyak orang memilih untuk bekerja di luar negeri. Gaji yang lebih besar serta kesempatan untuk mengenal orang dari latar belakang yang berbeda menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak orang.

Walau banyak manfaat yang dapat diambil, ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum memulai karier di luar negeri.

Melansir laman careerealism, Jumat (13/5/2016) berikut ulasannya:

 1. Persiapan

Persiapan yang matang merupakan kunci keberhasilan untuk berkarier di luar negeri. Selain harus mengetahui budaya serta kultur dari masyarakat sekitar, kemampuan bahasa asing yang baik juga akan sangat membantu Anda nantinya.

Beberapa perusahaan multinasional biasanya menyediakan persiapan yang dapat digunakan oleh pegawainya sebelum berangkat untuk bekerja di luar negeri.

2. Cari bimbingan

Proses adaptasi di negara yang baru bukanlah satu hal yang mudah untuk dilakukan. Untuk mengantisipasi hal ini, Anda dapat mencoba untuk mencari seseorang yang dapat diminta bantuan. Nantinya orang ini akan dapat Anda mintai bantuan untuk menjadi mentor di tempat Anda yang baru tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Nikmati waktu

3. Nikmati waktu Anda

Setelah Anda mampu untuk beradaptasi dengan baik di tempat yang baru, jangan lupa untuk menikmati waktu Anda saat bekerja di negara tersebut. Kesempatan bekerja di luar negrei merupakan kesempatan besar yang belum bisa semua orang dapat.

4. Jangan putus hubungan

Walaupun sudah bekerja di luar negeri, akan sangat penting bagi Anda untuk tidak memutus hubungan dengan kampung halaman. Tidak memutus hubungan ini akan membuat semua upaya dan kerja keras Anda akan terus dihargai. Terutama oleh orang-orang dan keluarga Anda di rumah.

5. Punya rencana jangka panjang

Satu hal terakhir yang perlu Anda persiapkan adalah rencana jangka panjang. Anda harus tahu seberapa lama Anda akan bekerja di luar negeri dan rencana apa yang ingin Anda dalam beberapa tahun setelahnya. (Vna/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini