Sukses

4 Langkah agar Jadi Kandidat Unggul Saat Cari Kerja

Anda harus bersikap di luar kebiasaan para calon pelamar pekerjaan agar menjadi kandidat yang unggul.

Liputan6.com, Jakarta - Anda bukanlah satu-satunya orang yang ingin memiliki pekerjaan tetap. Untuk mendapatkannya, Anda perlu bersaing dengan jutaan orang di luar sana. Bila Anda ingin berada di posisi lebih unggul, maka paling tidak Anda harus bertindak di luar kebiasaan.

Persaingan yang timbul dari pencarian pekerjaan akan sangat ketat. Agar menjadi kandidat terbaik, Anda harus mempelajari apa yang dilakukan oleh sebagian besar orang saat mencari pekerjaan dan melakukan hal yang lebih baik dari mereka.

Seperti dilansir dari money.usnews.com, Kamis (28/4/2016), berikut adalah empat langkah yang bisa Anda lakukan agar menjadi kandidat pencari pekerjaan yang lebih unggul dari pesaing Anda.

1. Jangan hanya mengandalkan Facebook

Beberapa pekerjaan memang didapatkan melalui info dari teman-teman dekat, sehingga kemungkinan besar Anda akan menunggu notifikasi di Facebook Anda. Namun, perlu Anda ingat media sosial Facebook bukanlah tempat terbaik untuk mencari pekerjaan.

Bila Anda ingin mencari pekerjaan, Anda bisa menggunakan LinkedIn. Penelitian dari Jobvite melaporkan 87 persen pekerja profesional menggunakan LinkedIn. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan sumber yang cocok untuk mencari pekerjaan.

2. Perbarui identifikasi sosial media Anda dengan informasi yang profesional

Banyak dari perusahaan akan mencari informasi mengenai calon karyawan mereka lewat media sosial. Namun hanya beberapa calon karyawan yang memiliki informasi profesional dalam sosial medianya. Hal ini jelas akan mempengaruhi kualitas Anda.

3. Saat proses pelamaran, cari informasi mengenai perusahaan Anda

Saat melakukan wawancara pekerjaan, maka pertanyaan mengenai perusahaan sering sekali dilontarkan. Anda akan diminta untuk menjawab pertanyaan seperti mengapa Anda ingin bekerja di sini? Atau apa yang Anda ketahui tentang perusahaan kami?

Jangan hanya melakukan riset dari online. Anda juga bisa pelajari tentang perusahaan baru Anda dengan bertanya pada orang yang tahu tentang reputasi perusahaan dan sering melakukan percakapan dengan karyawannya.

4. Jadilah optimistis dan realististis

Merupakan hal penting untuk menjadi optimistis. Namun jangan lupa agar selalu bersikap realistis. Menurut penelitian, saat berbicara mengenai peluang kerja, 44 persen dari responden akan optimistis dan hanya 12 persen yang merasa pesimistis.

Namun menjadi optimistis saja tidak cukup ketika Anda sedang mencari pekerjaan baru. Pelajari cara bagaimana orang sukses mendapatkan pekerjaan dan gunakan strategi dari mereka untuk mencari pekerjaan. (Shabrina Aulia Rahmah/Ahm)

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.