Sukses

Ini Lukisan Karya Seniman Amerika Latin Termahal di Dunia

Lukisan yang diberi judul Dance in Tehuantepec tersebut dibuat oleh Diego Rivera.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah lukisan karya Diego Rivera mampu terjual dengan harga fantastis. Lukisan tersebut terjual hingga US$ 15,7 juta atau setara Rp 215,06 miliar. Angka tersebut memecahkan rekor lukisan Amerika Latin termahal yang pernah dijual.

Melansir laman cnbc.com, Rabu (25/5/2016), lukisan yang diberi judul "Dance in Tehuantepec" tersebut dibuat oleh pelukis Latin Diego Rivera. Harga lukisan tersebut melebihi lukisan karya Frida Kahlo yang dijual pada lelang sebelumnya. Penjualan lukisan dilakukan di rumah lelang Phillips.

Pembeli lukisan tersebut merupakan seorang kolektor asal Argentina. Ia ingin memiliki lukisan tersebut sejak 20 tahun lalu. Kolektor tersebut pernah mencoba untuk membeli lukisan tersebut pada 1995, tapi gagal.

A woman views a painting by Diego Rivera entitled 'Dance in Tehuantepec' in the Royal Academy of Arts on July 2, 2013 in London, England.

"Saya selalu bertanya-tanya siapa yang telah membeli lukisan itu dan di mana," ujar Costantini, pendiri dan presiden Museum Seni Amerika Latin dari Buenos Aires (MALBA).

“Dance in Tehuantepec” karya Diego Rivera dibuat pada 1928. Lukisan tersebut menggambarkan sekelompok penari yang sedang menari tradisional Zandunga. Selain merupakan lukisan Amerika Latin termahal, “Dance in Tehuantepec” juga merupakan lukisan terbesar yang pernah dibuat dengan panjang 200,66 cm dan lebar 163,83 cm.

Deputi Pimpinan dari rumah lelang Phillips mengatakan, lukisan tersebut merupakan salah satu lukisan paling berharga yang pernah dibuat oleh Diego Rivera.

“Dance in Tehuantepec” pertama kali dipamerkan pada 1930 di Metropolitan Museum of Art, New York City. Setelah itu lukisan tersebut terus menjadi buruan para kolektor. (vna/nrm)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini