Sukses

AP II Gandeng India Kembangkan Bandara Kualanamu dan Silangit

AP II menargetkan pendapatan meningkat dua kali lipat dalam dua tahun dengan menggandeng GVK Airports.

Liputan6.com, Jakarta - PT Angkasa Pura II (Persero) menggandeng GVK Airports asal India dalam upaya perusahaan mendukung pertumbuhan pariwisata Danau Toba melalui optimalisasi Bandara Internasional Kualanamu dan Bandara Silangit.

GVK Airports asal India yang sukses mengelola Bangalore International Airport dan Mumbai International Airport berperan sebagi mitra PT Angkasa Pura II (Persero) untuk menjadikan Bandara Internasional Kualanamu sebagai regional hub airport yang terkoneksi dengan Bandara Silangit sebagai bandara terdekat di kawasan Danau Toba.

Kolaborasi antara AP II dan GVK Airports akan mempersiapkan  Bandara Internasional Kualanamu melayani konektivitas bagian barat Indonesia khususnya Sumatera Utara dengan India, Sri Lanka, serta negara lain di kawasan Asia dan Timur Tengah.


"GVK Airport berhasil membuat Bangalore dan Mumbai International Airport masuk ke dalam daftar bandara terbaik di India, dan salah satu pengalaman mereka adalah meningkatkan konektivitas antara India dan Sri Lanka. Oleh karena itu kami memilih GVK Airport sebagai mitra dalan pengembangan konektivitas di Bandara Internasional Kualanamu," ‎kata Presiden Direktur PT Angkasa Pura II (Persero) Budi Karya Sumadi‎, dalam keterangan tertulis, Senin (30/5/2016).

Dengan menggandeng GVK ini, AP II menargetkan pendapatan di Bandara Internasional Kualanamu dapat meningkat dua kali lipat dalam dua tahun mendatang didukung dengan konektivitas dari India, Sri Lanka, dan negara Asia lainnya seperti Arab Saudi. Nantinya perseroan juga akan mengembangkan penerbangan umroh dari Sumatera Utara.

PT Angkasa Pura II (Persero) berkomitmen untuk berkontribusi guna mendorong pertumbuhan pariwisata Indonesia termasuk di kawasan Danau Toba, Sumatera Utara. Selaku pengelola Bandara Silangit, AP II bersinergi dengan BUMN lain yakni maskapai Garuda Indonesia untuk membuka penerbangan langsung Jakarta-Silangit. Menyusul penerbangan perdana tersebut, maskapai lain yakni Sriwijaya Air juga telah membuka penerbangan langsung Jakarta-Silangit.

Di sisi lain, pada 27 Mei 2016 maskapai Wings Air membuka penerbangan langsung dari Bandara Internasional Kualanamu menuju Bandara Silangit dan sebaliknya. Penerbangan ini semakin memperkuat konektivitas kedua bandara seiring dengan semakin bergairahnya pariwisata Danau Toba. (Yas/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini