Sukses

Hanya 1,7% Penduduk RI yang Jadi PNS

Indonesia masih membutuhkan banyak Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk melayani penduduk sekitar 240 juta jiwa.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) mengakui Indonesia masih membutuhkan banyak Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk melayani penduduk sekitar 240 juta jiwa.

Deputi Sumber Daya Manusia Kemenpan RB, Setiawan Wangsa Atmaja mengatakan, perbandingan antara jumlah penduduk dan PNS di negara ini sekitar 1,7%.

"Prosentase ini masih jauh di bawah negara lain, seperti Brunei Darussalam yang memiliki perbandingan 3% dan Singapura sekitar 2% antara PNS dan basis penduduknya," jelasnya saat berbincang dengan Liputan6.com, seperti ditulis Kamis (26/12/2013).

Meski tak menyebut secara spesifik kebutuhan ideal PNS di Indonesia, namun Setiawan menyebut total pegawai negeri sampai dengan saat ini mencapai angka 4,4 juta orang.

Dia menghitung kebutuhan PNS setiap tahun sekitar 100 ribu-120 ribu orang. Kemenpan RB telah memproyeksikan kebutuhan abdi negara tersebut dalam lima tahun ke depan sekitar 500 ribu-600 ribu PNS.

"Bicara ideal atau tidaknya, Indonesia tidak bisa dibandingkan juga dengan negara lain secara apple to apple. Karena kita juga harus mempertimbangkan geografis kita," sambungnya.

Setiawan mencontohkan, pemerintah bisa saja menyediakan PNS dalam jumlah banyak dengan perbandingan 1:5 (satu PNS melayani lima orang penduduk).

"Kalau lima orang penduduk tersebar di pulau sana dan pulau sini, kan susah juga. Ini yang harus dipertimbangkan selain anggaran untuk membiayai aparat negara tersebut," kata dia.

Kendati demikian, Setiawan mengakui bila jumlah PNS yang kurang di sebuah negara akan berdampak terhadap kualitas pelayanan publik.

"Pelayanan publik jadi lama dan sebagainya. Tapi kami tidak hanya mengejar kuantitas saja tapi dari sisi kualitas pun harus diperhatikan. Makanya kami mengadakan tes CPNS supaya memperoleh PNS dengan kualitas sesuai harapan," tukas dia. (Fik/Ndw)

*Bagi Anda yang ingin mengetahui hasil ujian CPNS 2013 silakan klik di cpns.liputan6.com

Baca Juga:

Cek Pengumuman CPNS 2013 di Liputan6.com

Hasil Tes CPNS Diumumkan Serentak Hari Ini

Pengumuman CPNS Hari Ini untuk Sistem Lembar Jawaban Komputer

1,5 Juta WNI Berebut Kursi PNS, Berapa yang Terpilih?

Masih Ada Joki di Tes CPNS 2013

Pertanyaan-pertanyaan Terhadap Hasil Pengumuman CPNS 2013

Kenapa Lulus Passing Grade Belum Tentu Lolos Seleksi CPNS?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini