Sukses

Direktur Gagal Ujian BI, Bos BTN: Itu Urusan Pribadi

Bos BTN Maryono meminta agar perselisihan antara Saud Pardede dengan Bank Indonesia tidak mengaitkan nama perusahaan.

Direktur Utama Bank Tabungan Negara (BTN) Maryono meminta kepada Saud Pardede yang tengah bersitegang dengan Bank Indonesia (BI) tidak mengikutsertakan nama perusahaan dalam penyelesaian permasalahannya. Pada 12 Desember 2013, Saut telah melayangkan somasi ke BI terkait hasil tes uji kelayakan sebagai anggota Direksi BTN.

Maryono menilai apa yang diputuskan BI mengenai tidak lolosnya uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) Saud Pardede yang menjabat sebagai Direktur Keuangan BTN adalah permasalahan personal.

"Masalah dia tentang ketidaklulusannya dari regulator, itu masalah pribadi dia. Jangan dikaitkan ke perusahaan," ungkap Maryono saat berbicang dengan wartawan di kantornya, Jakarta, Jumat (27/12/2013).

Namun sebagai pimpinan perusahaan Maryono mengaku sangat empati kepada para direksi yang tak lulus uji kelayakan Bank Indonesia dan lebih menekankan hal itu untuk menjadikannya sebagai introspeksi.

"Tapi secara pribadi, mereka ini kan sahabat, rekan kerja, saya empati, dan saya juga respect. Mereka adalah orang yang terbaik di BTN," jelasnya.

Saat ini manajemen BTN hanya dijalankan oleh tiga direksi sejak 6 Desember 2013. Hal itu karena Bank Indonesia belum dapat menyetujui sejumlah direksi BTN untuk menduduki posisi direktur.

Tiga direksi itu antara lain Maryono sebagai Direktur Utama, Irman A. Zahiruddin dan Mansyur Nasution sebagai Direktur.  Hal itu dikarenakan BI belum dapat menyetujui Mas Guntur Dwi S dan Poernomo sebagai Direktur Perseroan. Sedangkan anggota direksi perseroan Evi Firmansyah dan Saut Pardede tidak lagi menjadi anggota direksi perseroan sejak 6 Desember 2013.

Menurut Maryono, dalam kondisi seperti sekarang ini, tiga direksi tersebut akan memiliki waktu ekstra untuk tetap bekerja di kantor.

"Yang biasa kita pulang jam 10, kita bisa pulang jam 2-jam 3, yang biasa rapat tiap 3 atau 4 hari sekali. Sekarang  ya setiap hari. Memang harus begitu," jelas dia. (Yas/Ndw)

Baca Juga
Dua Direksi Gagal Lolos Ujian BI Tak Pengaruhi Peringkat BTN
Direktur BTN Berang Tak Lolos Uji Kelayakan BI
Direksi BTN Tak Lulus Uji Kelayakan, Gubernur BI : Itu Pelajaran
BTN Cuma Punya 3 Direktur, 2 Direktur Tak Lolos Uji Kelayakan BI

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini