Sukses

Harga Daging Sapi Tembus Rp 110 Ribu per Kg

Curah hujan yang kian meningkat dalam sepekan membuat harga daging sapi melonjak pada Jumat (17/1/2014) akhir pekan ini.

Curah hujan yang kian meningkat dalam sepekan membuat harga daging sapi melonjak pada Jumat (17/1/2014) akhir pekan ini. Harga daging sapi tercatat naik menjadi Rp 110 ribu dalam hitungan hari.

"Harga daging sapi naik sudah beberapa hari ini gara-gara musim hujan kayaknya. Sekarang harganya jadi Rp 110 ribu per kilogram (kg), tapi ada juga yang dijual Rp 100 ribu tergantung kualitasnya yang kita lihat," ungkap Entus (50) salah satu pedagang di Pasar Mencos, Setiabudi, Jakarta Selatan saat berbincang dengan Liputan6.com, Jumat (17/1/2014).

Menurut dia, kenaikan yang menimpa harga daging bervariasi antara Rp 5.000 hingga Rp 14 ribu tergantung pada keperluan pembelinya masing-masing. Bahkan penjualan tulang sapi juga mengalami kenaikan harga hingga Rp 70 ribu per kg.

"Daging untuk semur Rp 100 ribu, kalau paha semua Rp 110 ribu per kg, yang untuk sop itu harganya Rp 85 ribu per kg. Nah kalau tulang ada yang dijual Rp 65 ribu per kg atau Rp 70 ribu per kg," jelasnya.

Harga daging yang melesat tersebut membuat penjualannya menjadi kurang laku dalam sepekan terakhir.

Ironisnya, kenaikan harga tersebut juga diperparah dengan penurunan jumlah pengunjung pasar yang membuat Entus mengurangi pasokan dagingnya hingga 50%.

"Musim hujan begini, keadaan pasar jadi sepi, jarang yang belanja. Ya kalau memasok banyak daging ya rugi, apalagi harga lagi tinggi begini ya nggak laku. Biasanya saya masok 50 kg sehari, sekarang paling cuma 25 kg-30 kg," keluhnya.

Tak hanya daging, diungkapkan Halim (32) pedagang di pasar yang sama, hampir semua harga sayuran melonjak naik karena dilanda musim hujan. Bencana banjir yang menimpa sejumlah wilayah Indonesia membuat tanaman rusak dan mendorong harga-harga naik.

Kenaikan terbesar menimpa harga bawang bombay hingga Rp 6.000 per kg dari Rp 20 ribu per kg menjadi Rp 26 ribu per kg. Dalam sepekan, harga-harga kebutuhan pokok juga tercatat mengalami kenaikan sebesar Rp 500 - Rp 2.000. (Sis/Nrm)

Baca juga:

Harga Daging Naik Lagi Jadi Rp 98 Ribu per Kg

Ini Upaya Kementerian Pertanian Turunkan Harga Daging Sapi

Pedagang Mimpi Harga Daging Turun ke Rp 80 Ribu per Kg Tahun Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.