Sukses

Dubes RI untuk Jepang jadi Menteri Perdagangan Baru?

Duta Besar Indonesia untuk Jepang M. Lutfi dikabarkan menggantikan Menteri Perdagangan Gita Wirjawan.

Usai pemunduran diri Gita Wirjawan sebagai Menteri Perdagangan pada akhir Januari 2014, berbagai nama calon penggantinya bermunculan.

Kini muncul nama baru yang akan menggantikan Gita sebagai Menteri Perdagangan, yaitu Muhammad Lutfi yang pernah menjabat sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Saat ini Muhammad Lutfi menjabat sebagai duta besar Indonesia untuk Jepang.

Saat ditanyai mengenai hal tersebut, Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi mengatakan dirinya belum mengetahui secara persis. Dirinya mengaku hanya menunggu penunjukan resmi dari Presiden soal pengganti Gita.

"Ya nanti kita lihat nanti pengumuman resminya, sampai pelantikan. Kami semua jajaran Kementerian Perdagangan siap," ujar Bayu di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (11/2/2014).

Menurut Bayu, Lutfi sendiri merupakan orang yang memiliki pengalaman di dunia internasional dan juga tahu selukbeluk perdagangan Indonesia.

 "Beliau muda. Menurut saya Pak Lutfi adalah seorang yang pintar, ya orang yang cerdas, berpengalaman di dunia internasional dan pernah banyak berhubungan dengan kita (kementerian perdagangan)," lanjutnya.

Bayu juga menilai ada kemiripan sosok antara Lutfi dengan Gita Wirjawan sehingga dirasa tidak akan untuk melakukan adaptasi. "Kalau nanti benar dia ditunjuk Presiden, saya kira ya mirip dengan Pak Gita lah," tandasnya. (Fik/Ahm)


*Bagi Anda yang ingin mengetahui hasil ujian CPNS Honorer K2 2013 silakan klik di cpns.liputan6.com

Baca juga:

Hatta Rajasa Bilang Tak Perlu Ada Mendag Baru

Ini Harapan Gita Wirjawan Soal Pengganti Dirinya

Pangan & Ekspor Jadi PR Paling Berat buat Mendag Baru

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.