Sukses

Dephub Bolehkan Maskapai Hentikan Operasi di Bandara Lain

Kemenhub telah meminta penghentian sementara penerbangan di 3 bandara di Jawa Tengah dan Jawa Timur akibat meletusnya Gunung Kelud.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah meminta penghentian sementara penerbangan di 3 bandara di Jawa Tengah dan Jawa Timur akibat meletusnya Gunung Kelud. Hal itu sebagai antisipasi keamanan di sektor penerbangan udara.

Ketiga bandara tersebut yakni, Bandara Djuanda Surabaya, Bandara Adi Soetjipto Yogyakarta dan Bandara Adi Soemarmo di Solo.

Namun, Kepala Pusat Komunikasi Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Bambang S Ervan mengatakan, pihaknya
membolehkan operator maskapai mengambil kebijakan lain jika melihat kondisi kian tak memungkinkan di bandara-bandara lain yang berdekatan dengan lokasi letusan Gunung Kelud.

"Itu boleh saja jika memang tidak memungkinkan," kata dia saat berbincang dengan Liputan6.com, Jumat (14/2/20140.

Hal ini seperti langkah yang diambil maskapai penerbangan Sriwijaya Air. Jika sebelumnya hanya menghentikan operasional penerbangan di 4 bandara, kini bertambah menjadi 5 termasuk Bandara Achmad Yani di Semarang.

Lebih lanjut, Bambang mengaku, pihaknya belum memastikan sampai kapan permintaaan penghentian operasional berakhir. Sebab, kondisi ini merupakan kejadian di luar dugaan. "Sejauh ini kami akan terus memantau semua wilayah udara Indonesia," jelasnya.

*Bagi Anda yang ingin mengetahui hasil ujian CPNS Honorer K2 2013 silakan klik di cpns.liputan6.com

Baca juga:

Bandara Surabaya, Solo, Yogyakarta Ditutup Akibat Letusan Kelud

Abu Vulkanik Gunung Kelud Hingga NTB

Lion Hentikan 90 Penerbangan Akibat Gunung Kelud Meletus

Penerbangan Dibatalkan, Garuda Jamin Tiket Tidak Hangus



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini