Sukses

Agen Perjalanan Merugi Akibat Letusan Gunung Kelud

Erupsi Gunung Kelud, Jawa Timur yang meletus beberapa waktu lalu rupanya membuat sebagian besar pelaku usaha perjalanan wisata rugi.

Erupsi Gunung Kelud, Jawa Timur yang meletus beberapa waktu lalu rupanya membuat sebagian besar pelaku usaha perjalanan wisata (travel and tour) merugi.

Tidak tanggung-tanggung, rata-rata kerugian tersebut mencapai 20% dari total pendapatan yang diterima pelaku usaha travel dari awal tahun hingga saat ini.

"Dari 20% itu, didominasi berasal dari penjualan tiket pesawat terbang," ujar Ketua Asosiasi Travel Agent Indonesia (ASITA) DKI Jakarta Hasiyanna S Ashadi di Jakarta, seperti ditulis Senin (24/2/2014).

Dia menjelaskan, kerugian tersebut terjadi karena sebagian agen perjalanan yang harus melayani perjalanan wisata ke wilayah sekitar gunung tersebut terpaksa harus menghentikan sementara layanannya akibat erupsi ini.

Namun, untuk mengantisipasi bertambah besarnya kerugian yang dialami pengusaha travel ini, asosiasi sepakat untuk menyiapkan alternatif pilihan objek wisata lain kepada pelanggannya.

"Tapi dengan adanya letusan Gunung Kelud ini tentunya kita harus memberikan alternatif B dan C-nya, supaya mereka bisa tetap jalan dan turis yang baru akan datang harus diberikan alternatif B dan C," tandasnya. (Dny/Nrm)

*Bagi Anda yang ingin mengetahui hasil ujian CPNS Honorer K2 2013 silakan klik di cpns.liputan6.com

Baca juga:

Dibeli Facebook, 55 Pegawai Whatsapp Jadi Miliarder

Miliarder China Cuci Uang Lewat Karya Seni

Cara Miliarder China Sembunyikan Kekayaan di Negara Lain

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini