Sukses

Ini Cara Kemenperin Dorong Pelaku Industri Mesin Siap Hadapi MEA

Kementerian Perindustrian mendorong industri mesin nasional yang sesuai dengan permintaan konsumen untuk hadapi pasar bebas ASEAN.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menggelar Pameran Produk Industri Permesinan dan Alat Transportasi. Kegiatan pameran ini sebagai langkah konkrit pemerintah yang bekerjasama dengan dunia usaha guna meningkatkan promosi dan penyebaran informasi tentang kemampuan Industri dalam negeri.

Direktur Jenderal Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi (IUBTT) Kemenperin, Budi Darmadi mengatakan, adanya pameran ini untuk memastikan agar pasar lokal Indonesia yang sangat potensial tidak tergerus oleh produk impor. Bahkan sebaliknya, pasar ASEAN menjadi sangat potensial bagi produk dalam negeri untuk tujuan ekspor.

"Satu peluang sekaligus tantangan yang cukup mendesak adalah implementasi ASEAN Economic Community (AEC) 2015 dimana arus barang, jasa, investasi dan tenaga terampil akan bebas di antara negara ASEAN," ujar Budi saat membuka pameran di Plaza Industri, Gedung Kemenperin, Jakarta Selatan, Selasa (9/9/2014).

Budi mencontohkan, industri mesin perkakas dalan negeri merupakan industri strategis yang penting dalam mendorong perkembangan sektor industri lain seperti industri manufaktur, alat pertanian, alat kesehatan, hingga alat pertahanan. Pengembangan industri ini akan diprioritaskan karena sebagai ujung tombak industri dasar yang terintergrasi dengan industri strategis lain.

"Untuk menghadapi gempuran produk asing dalam pasar bebas ASEAN, pengembangan industri permesinan nasional diarahkan ke teknologi presisi tinggi atau dengan spesifikasi ketelitian tinggi sesuai dengan permintaan konsumen baik dari dalam maupun luar negeri," jelas dia.

Pameran dengan tema Industri Barang Modal Dalam Negeri dalam Menyongsong Era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015 ini berlangsung mulai 9-12 September 2014. Pameran yang digelar oleh kementerian perindustrian ini diikuti oleh 26 peserta dari perusahaan dan asosiasi industri permesinan, industri alat mesin pertanian industri alat kesehatan, dan industri alat transportasi. (Dny/Ahm)

 

*Bagi Anda yang ingin mengikuti simulasi tes CPNS dengan sistem CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.