Sukses

BRI Belum Niat Naikan Suku Bunga Kredit

Cara yang dilakukan oleh BRI untuk menjaga tingkat suku bunga ini yaitu dengan melakukan efisiensi.

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) menyatakan belum berniat untuk menaikan suku bunga pinjaman. Meski dengan kondisi makro ekonomi saat ini, BRI berharap tetap bisa menjaga tingkat suku bunga pinjaman untuk menjaga minat masyarakat untuk mengambil kredit di BRI.

"Untuk saat ini belum. Insya Allah kita tidak akan naik," ujarnya Direktur Bisnis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) BRI Djarot Kusumayakti di Jakarta, Rabu (10/9/2014).

Sejak perbincangan soal krisis likuiditas mikro hingga saat ini, BRI tetap mampu menjaga tingkat suku bunga kreditnya. "Terutama untuk mikro, sejak orang bicara krisis likuiditas hingga hari ini, Alhamdulillah kami belum menaikan 1 persen pun belum naik," lanjutnya.

Djarot menjelaskan, cara yang dilakukan oleh BRI untuk menjaga tingkat suku bunga ini yaitu dengan melakukan efisiensi. "Salah satunya kami akan lakukan penekanan, artinya efesiensi biaya itu kan termasuk di dalamnya biaya pencadangan," kata dia.

Dia juga mengungkapkan, jika berbicara perbankan, menaikan suku bunga itu bukan langkah yang mudah dan memiliki banyak risiko sehingga perlu diperhitungkan dengan baik.

"Risiko itu bukan risiko macem-macem, resiko biaya, ini banyak hal resiko kemacetan pencadangan dan sebagainya. Artinya saya mencoba untuk bersama teman-teman menghitung semua disisi lain saya juga berharap jangan terlalu membebani sodara-sodara kita di ekonomi mikro, saya tetep ingin mikro menjadi tonggak penyelamat bangsa ini kan, dan ini mayoritas kita," tandasnya. (Dny/Gdn)


*Bagi Anda yang ingin mengikuti simulasi tes CPNS dengan sistem CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini